Cara Unduh Gambar di Google yang Kualitasnya Bagus

Cara Mengambil Gambar Apapun di Google dengan Cepat Terbaru dan Menyimpannya ke komputer — Dulu Google memiliki tombol View Image pada pencarian gambarnya. Yang fungsinya untuk melihat resolusi ukuran gambar yang asli dan pengguna bisa mendownload gambar tersebut.

"View Image" merupakan tautan langsung ke file gambar di web server. Mesin pencari google (untuk mencari gambar) telah menghilangkan tombol "View Image" yang digunakan untuk membuka url asli gambar tanpa harus masuk ke halaman situs web dan dapat mengambil gambar dengan resolusi yang tinggi (kualitas bagus).

Tapi berikut trik untuk mendownload atau menyimpan gambar dari google ke perangkat komputer tanpa harus menggunakan tombol "View Image". Ini diperuntukkan untuk pengguna dekstop/komputer saja.

Untuk pengguna android bisa cek di mendownload gambar di google lewat android.

Cara Download Gambar di Google dan Menyimpannya ke Komputer

Buka Google lalu ketikan gambar apa yang ingin kamu cari. Kemudian ubah pencarian web (semua) ke pencarian gambar dengan klik menu "Gambar".

Arahkan kursor ke gambar untuk melihat resolusi gambar dan pilih mana yang ingin kamu ambil, kemudian klik dan Google akan menampilkan gambar resolusi kecil yang masih pecah-pecah dan akan memproses gambar aslinya.

Tunggu loading (di bawah gambar), ketika telah dimuat sepenuhnya gambar tidak pecah-pecah lagi.

Setelah selesai dimuat klik kanan pada gambar, lalu pilih safe dengan klik "Simpan gambar dengan nama" (untuk firefox) atau "Simpan gambar sebagai" (untuk chrome). Terakhir tentukan letak lokasi penyimpanan dan klik Save.

Buka & Download Gambar di Google dengan Tombol View Image

Pengambilan gambar dilakukan dengan mudah dan cepat, padahal gambar itu bisa saja memiliki lisensi komersial, yang tidak boleh digunakan secara bebas.

Hilangnya tombol ini bertujuan untuk mengurangi pembajakan foto yang berlisensi. Dikarenakan Google dituntut oleh banyak perusahaan seperti Getty, yang berbisnis dari jualan lisensi foto. Sehingga perusahaan Google dan Getty berkesepakatan untuk menghilangkan tonbol view image.

Tapi tombol tersebut bisa dikembalikan dengan mudah. Yaitu dengan memasang add-on atau ekstensi View Image sederhana dan ringan pada browser.

Klik view image akan muncul tab baru yang menampilkan gambar. Tekan CTRL + S untuk download/safe/simpan gambar.

Download Ekstensi View Image

Ekstensi diatas dikembangkan oleh Joshua Butt yang diterbitkan sebagai proyek open source. Dan tidak hanya untuk mengembalikan tombol View Image saja, tapi juga mengembalikan fitur Search by image pada Gambar terkait, yaitu fitur untuk mencari gambar yang berkaitan. Letaknya di bagian akhir pilihan Gambar terkait, yang terdapat kata Tampilkan Lebih Banyak.

Sekarang gambar apapun bisa diambil di google. Semoga ini bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus