Cara Menghemat Baterai Android Lebih Mudah

Produktivitas dengan smartphone, seperti untuk panggilan, browsing, streaming, dan lainnya. Tapi itu akan menghabiskan baterai, dan ada beberapa aplikasi yang akan terus menguras baterai. Aplikasi itu berjalan di latar belakang, bahkan di saat tidak melakukan suatu produktivitas, sehingga mengakibatkan baterai android boros dan cepat habis.

Sebuah aplikasi bernama Greenify bisa mengatasi masalah tersebut. Greenify dapat menghemat masa pakai baterai dengan cara efektif dan sistematis. Dengan melakukan hibernate/hibernasi pada aplikasi, maka dapat mebuatnya tidak berjalan lagi di latar belakang.

Baterai Boros dan Cepat Habis

Sama seperti menghentikan paksa (Force Stop) aplikasi yang tidak digunakan, tapi Greenify berbeda. Tidak hanya melakukan Force Stop pada aplikasi, namun juga akan mencegahnya berjalan lagi/mulai ulang. Dan akan berjalan/memulai lagi jika pengguna membuka aplikasi yang di hibernasi. Ini mungkin bisa mencegah dan megatasi baterai yang ngedrop. Tapi tidak bisa memperbaikinya.

Greenify tidak akan menghentikan semua aplikasi, pengguna harus memilih aplikasi untuk memasukannya ke daftar hibernasi dan yang lainnya (tidak terpilih) akan berjalan seperti biasanya. Untuk pertama mengaturnya membutuhkan waktu, tapi jika sudah di setting dalam penggunaan selanjutnya akan sangat mudah.

Aplikasi Untuk Menghemat Baterai Android

Jika ingin mencoba, langkah pertama yang diperlukan ialah memasang aplikasi Greenify di Playstore.

Sebenarnya ada dua versi aplikasi greenify yaitu gratis dan donasi (berbayar). Tapi gratis aja sudah cukup, walaupun sebenarnya yang donasi lebih lengkap fiturnya yang dilengkapi dengan xposed.

Terdapat dua metode dalam penggunaannya, dengan non-root atau root. Untuk cara kerja dari keduanya metode tersebut tentu berbeda dalam prosesnya. Bagi yang tidak terdapat akses root memerlukan beberapa persiapan.

Cara Setting Aplikasi Greenify Non-Root

Buka Greenify > pilih Berikutnya. Working Mode, karena ini membahas untuk yang tidak memerlukan root jadi pilih yang pertama My device is NOT rooted.

Pilih Berikutnya, jikalau menggunakan pengaman seperti sandi, pin dan lainnya. Akan ada langkah Screen Lock Compatibility, centang yes i use it daily jika menggunakannya setiap hari, pilih selanjutnya.

Bagi yang ingin menggunakan Greenify dengan penglaman terbaik, bisa periksa tombol tombol power button instantly locks perlu dimatikan, ketuk VERIFY untuk langsung menuju kemenu setting. Setelah selesai, baru kembali ke aplikasi Greenify begitu juga dengan Delayed auto-lock atur setidaknya lima detik.

Selanjutnya yang harus mengijinkan/memberi akses pada Accessibility services, ketuk SETTING untuk menuju ke menu pengaturan android, dan aktifkan layanan Aksesibilitas untuk Aplikasi Greenify.

Begitu pula dengan device-admin permission yang perlu di aktifkan. Pengaturan untuk setting sesuaikan sendiri dengan android yang digunakan, karena kemungkinan dalam beberapa versi android cara settingnya berada.

Dan klik berikutnya dan finish.

Cara Setting Aplikasi Greenify Root

Untuk android yang memiliki akses root akan lebih mudah dalam melakukan langkah-langkah setting. Begitu juga dengan kinerja dari Greenify, yang juga akan lebih leluasa dalam menghibernasi.

Pada pembukaan Working Mode, pilih My device is rooted. Kemudian izinkan atau grant akses root untuk aplikasi Greenify.

Jika ada langkah Screen Lock Compatibility, centang yes i use it daily jika menggunakan keamanan, seperti password pola, dll di setiap hari, pilih selanjutnya. Dan finish.

Cara Menggunakan Aplikasi Greenify

Jika sudah melakukan setting untuk aplikasi greenify. Selanjutnya ialah mengatur aplikasi yang akan di hibernasi. Langkah pertama tekan tanda tambah (pada bagian atas).

Di bagian atas adalah pengelompokan aplikasi yang dapat memperlambat jika ada pemberitahuan/event. Tekan tampilkan aplikasi yang lainya untuk app yang lain. Pilih aplikasi mana saja yang nantinya ingin di hibernasi. Kemudian tekan centang.

Setelah selesai, hibernasi sudah bisa dilakukan. Tekan zzz untuk memulai.

Membuat Jalan Pintas Hibernasi (Shortcut)

Sekarang biar lebih mudah dalam melakukan hibernasi, cukup buat tombol pintas (shortcut) pada launcher. Cukup tekan titik 3 di pojok kemudian jalan pintas hibernasi, dan pilih salah satu "Hibernasi dan sekaligus mengunci layar" atau hanya "hibernasi saja". Shortcut sudah dibuat di desktop launcher.

Di atas hanya panduan utama dalam penggunaan aplikasi greenify, untuk yang lainnya bisa dipelajari sendiri. Satu lagi, mungkin jika borosnya baterai diakibatkan oleh keadaan baterai yang tidak normal, maka solusinya adalah hanya dengan mengganti baterainya dengan yang original. Sekian dan rasakan perubahannya, semoga ini bisa membuat baterai android tahan lama.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus