Apa itu Android One?

Android one awalnya merupakan inisiatif untuk ponsel murah di negara-negara berkembang. Namun google telah menjadikan Android one sebagai program yang lebih berfokus pada pengguna untuk lebih banyak menyediakan stok ponsel ke pasar.

Android one dikombinasikan antara hardware yang murah dengan perangkat lunak yang dikelola dan diperbaharui oleh google.

Google menetapkan pernyataan perangkat keras umum yang digunakan produsen android one, sehingga sebagian ponsel yang pertama pada dasarnya sama; soc quad core mediatek 1.3 GHz, ram 1GB penyimpanan 4-8GB, dan layar 480x854.

Diluar persyaratan perangkat keras produsen juga harus mematuhi peraturan perangkat lunak tertentu; ponsel harus menggunakan android murni (tanpa modifikasi) dan menerima pembaruan dan keamanan secara rutin (yang dikontrol oleh Google).

Awalnya hanya untuk membuat ponsel murah untuk negara berkembang yang menjalankan saham android dan berfokus pada keamanan. Tetapi ide tersebut telah berkembang.

Android One Sekarang

Sekarang android one tidak hanya untuk negara berkembang saja. Tapi perangkat lunak yang digunakan tetap menggunakan peraturan google.

Perbedaannya adalah bahwa produsen tidak membatasi (bebas membangun) perangkat dan desain dasar untuk smartphone. Contohnya seperti Xiaomi A1 dan Motorola Moto X4.

Harga yang ditawarkan pun tetap lebih terjangkau dari kebanyakan smrtphone unggulan.

Jadi intinya, google tidak mendesain perangkat keras, tetapi hanya perangkat lunak atau OS android nya (hardware dari produsen smartphone dan software dari google).

Program Lain dari Google Untuk Smartphone Murah

Sebuah Sistem operasi baru yang bernama Android Go, digunakan untuk perangkat keras apapun. Android Go adalah perangkat lunak yang dibangun dan dirancang dari Android Oreo, dan juga telah dioptimalkan untuk smartphone low-end.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus