Membatasi Bandwidth Penggunaan Data pada Windows 10

Membatasi bandwidth kecepatan unduhan untuk background latar belakang windows. Dengan membatasi bandwidth dapat bermanfaat dalam situasi tertentu. Misal, di saat men-download atau meng-upload file besar, dan juga ketika browsing agar tidak mengalami masalah lemot.

Umumnya windows update menggunakan sebagian besar bandwidth atau jatah akses yang besar ketika melakukan downloading. Apalagi biasanya Windows 10 agak sering melakukan update, dan data yang digunakan bisa saja cukup besar (jarang). Tetapi jika tidak ingin melakukan pembaruan pada windows 10 bisa mematikan windows update sementara atau permanen.

Dalam mengurangi bandwidth yang digunakan system windows dapat di atur dalam pengaturan. Pertama buka Settings > Update & Security > Windows Update, scroll ke bawah dan pilih Advanced options. Selanjutnya scroll, klik Delivery Optimization dan pilih lagi Advanced options.

Centang Download settings, dan atur batas bandwidth windows (minimal 5%).

Di bawahnya terdapat upload setting. Maksudnya data salinan update pada Komputer yang digunakan di unggah (dikirim ) ke PC lain dengan jaringan lokal maupun internet. Tapi jangan khawatir akan kehabisan kuota data; karena dari pengalaman, windows 10 tidak pernah melakukan upload update.

Melihat Banyaknya Data Update yang di Unduh

Data unduh dan update tercatat pada Activity monitor. Letaknya di Delivery Optimization (atau kembali; sebelum Advanced options mengatur bandwidth), pilih Activity monitor. Data yang tersedia hanya pada saat bulan sekarang. Data aktivitas ini akan di reset setiap bulannya, jadi bulan sebelumnya tidak bisa ditampilkan.

Ada juga aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan untuk mengatur penggunaan Bandwidth di PC, yaitu NetLimiter untuk yang berbayar dan TMeter Freeware Edition untuk yang gratis.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus