Memastikan Ekstensi Chrome Aman Sebelum Memasangnya

Chrome adalah browser yang paling populer yang dibangun oleh google, sebagian kekuatan dan fleksibilitas chrome berasal dari ekstensinya yang menarik di Chrome Webstore. Dari fitur tema dan alat tool yang berguna.

Masalahnya tidak semua ekstensi pada chrome store aman. Karena Ekstensi pada Chrome bisa saja mencuri data, mengawasi perilaku, atau lebih buruk lagi. Ini adalah masalah privasi, yang bisa bocor ke pengguna lain.

Mengapa Ekstensi Chrome Berbahaya

Pada dasarnya ekstensi pada chrome tidak akan aktif ketika pengguna mengizinkannya. Dalam perizinan tersebut ekstensi diperbolehkan melakukan pemantauan terhadap pengguna (semua yang dilakukan). Tetapi jika ekstensi tersebut bisa berubah menjadi alat yang berbahaya, dan tanpa disadari bisa memanen (mencuri) data pengguna.

Ada banyak cara browser extensions bisa menjadi berbahaya, jadi harus tetap berhati-hati ketika menginstal ekstensi, tetapi juga harus memantaunya setelah instalasi. Perhatikan ketika memasang ekstensi chrome agar tetap aman dalam menambahkan ekstensi.

Lihat Situs Web Pengembang

Hal pertama yang harus diperhatikan ialah pengembang. Singkatnya melihat apakah ekstensi itu sah. Nama pengembang bisa dilihat di bawah nama ekstensi, yang diawali dengan "offered by". Bisa saja berupa link atau nama saja.

Buka atau klik nama pengembangnya maka akan diarahkan ke situs web developernya dan lihat apakah meyakinkan atau tidak. Jika tidak ada tautannya (tidak menuju ke situs web), maka bisa cek deskripsi. Walaupun bahasa Inggris lihat saja meyakinkan atau tidak. Jika memasang ekstensi dari nama pengembang Google pastinya sudah terjamin aman dan tidak perlu diragukan lagi.

Sebelum mendownload dan memasang ekstensi akan muncul perizinan untuk melakukan pemasangan. Setelah klik tombol ADD TO CHROME, maka akan muncul menu untuk menyetujui izin kepada ekstensi. Perhatikan apa yang dilakukan ekstensi.

Contonya: seperti ekstensi mengubah tampilan di tab baru, jika pada menu persetujuan meminta untuk mengakses (membaca dan mengubah) semua data pada situs maka ini terlihat mencurigakan. Dan mungkin harus dihindari.

Mungkin bisa juga untuk cek Reviews yaitu tanggapan pengguna yang sudah menggunakannya. Mungkin ini tidak perlu karena membutuhkan waktu.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus