Cara Memasang Iklan Otomatis AMP AUTO ADS di Blog

Sudah lama Adsense merilis fitur iklan otomatis versi AMP. Jika script biasa berfungsi untuk menyelipkan iklan, dan untuk page-level ads (iklan anchor/sticky dan vinyet). Namanya "AMP Auto Ads" berfungsi untuk menyelipkan iklan amp-ad.

Setelah melewati status beta/eksperimen, sekarang amp-auto-ads sudah bisa digunakan secara umum. Yang sebelumnya (masih status beta) harus mendapatkan izin dari adsense untuk menggunakannya, tapi sekarang bisa digunakan tanpa menunggu izin.
Maaf! ternyata fitur ini masih tahap Eksperimen.

Memasang Iklan Otomatis Amp Auto Ads di Blog

Setelah amp auto ads berada pada menu: Iklan Saya (my ads) > Iklan otomatis (auto ads) kemudian pilih tab IKLAN OTOMATIS UNTUK AMP (auto ads for amp).

Ada tiga langkah, diantaranya: Langkah pertama aktifkan lalu centang "Secara otomatis mendapatkan format baru" untuk menggunakan iklan format baru jika ada iklan format baru.

Langkah Kedua, salin kode script auto ad amp lalu letakkan di dalam tag HEAD (antara <head> dan </head>). Biasanya ada template yang menggunakan tang head dengan &lt;head&gt;, – maka diletakkan script setelahnya.

Langkah Ketiga, salin kode HTML auto ad amp lalu letakkan dalam tag BODY (antara <body> dan </body>). Atau mungkin tag tersebut menggunakan &lt;body&gt; – dan bisa diletakkan setelahnya.

Saat ini iklan amp-auto-ads hanya menampilkan iklan teks dan display saja. Dan juga memiliki batasan dalam penempatan dengan cara.

  • Jumlah total iklan yang dapat disisipkan (maksimal 8)
  • Jarak minimum antar setiap iklan

Pada halaman project amp auto ads iklan hanya ditampilkan pada elemen yang tidak mengakibatkan re-flow (aliran kembali). Entah apa itu re-flow, masih kurang tahu. Dan iklan otomatis versi amp ini tidak bisa menampilkan jenis iklan anchor dan vinyet.

Bagi yang menggunakan Wordpress iklan dapat muncul di tengah artikel. Karena wordpress menggunakan tag p di setiap paragrafnya.

Konfigurasi - Penempatan Iklan Otomatis AMP

Dalam penempatannya amp auto ads sudah ditetapkan menggunakan konfigurasi yang di hosting pihak ketiga dan di definisikan dalam ad-network-config.js. Konfigurasi bisa berubah di kapan saja. Penjelasan Cara kerja konfigurasi lebih lengkap bisa mengunjungi ampproject.org.

Di Blogger tidak bisa menempatkan iklan secara otomatis di tengah konten artikel. Tapi di blog kompiajaib sudah ada trik untuk memasang amp-ad di dalam atau tengah artikel dengan memanfaatkan meta description (Descripsi Penelusuran). Tapi mungkin bagi saya akan lebih baik digunakan untuk meta descriptions saja.

Halaman posting ManKoin dapat menampilkan iklan di tengah artikel dengan menggunakan Amp Auto Ads. Awalnya saya melihat pada konfigurasi yang menempatkan iklan pada elemen <article> setelah elemen </p>. Pastinya ini merupakan tag p yang ada pada komentar atau bisa jadi pada salah satu posting percobaan.

Setelah itu, berpikir mungkin ini bisa diakali. Akhirnya dengan meletakkan kode tersebut di bagian pertama artikel hasilnya berjalan sukses 50%. Bagaimana bisa <p>.........</p> berada di awalnya. Caranya dengan meletakkan kode berikut.

&lt;p&gt;<data:post.body/>

Dan hasilnya setelah di proses seperti ini.

<p>....................<h1>AMP Auto Ads - ManKoin</h1>Amp .........

Elemen <p> tidak di tutup, tapi setelah di muat oleh browser menjadi bagian dengan keadaan tertutup. Strukturnya menjadi.

<p>....................</p><h1>AMP Auto Ads - ManKoin</h1>Amp .........

Tepatnya, tertutup sebelum tag div dan elemen heading (h1 - h6), kecuali seperti tag br,b,a,i, dll. Karena jika tag tadi berada di dalam <p></p> maka Tetap tidak bisa. Contoh struktur html dengan kode.

<p><h1>Hai</h1>......................</p>

Maka akan menjadi.

<p></p><h1>Hai</h1>......................<p></p>

Bisa dibilang itulah pembacaan html yang dikelola pada browser. Dan juga pada mesin pencari google. Karena cara kerjanya sama ketika saya cek di Google Speed Insight.

Untuk yang iklannya tidak muncul, itu karena pada halaman atas ditempatkan iklan amp-ad secara manual.

Tidak ada salahnya mencoba kode-kode di atas sehingga konfigurasi amp-auto-ads berubah seperti keinginan. Ingat ini akan membutuhkan waktu.

Iklan otomatis tidak akan muncul jika saat pertama kali memuat halaman iklan langsung tampil. Contohnya: di halaman blog ini ada konfigurasi untuk menempatkan iklan setelah header. Tapi karena di saat pertama kali membuka halaman yang tampil (paruh atas) adalah header dan tentunya iklan juga terlihat.

Sekarang blog ini menggunakan element tag p untuk paragraf, dan tidak menggunakan tag br. Jadi iklan otomatis amp bisa tampil di tengah artikel yang banyaknya iklan tergantung dari panjang artikel.

Jika ingin mencoba ini akan membutuhkan waktu untuk mengedit pada Tab HTML, dan perlu diketahui ketika Tab Compose di buka, element tag p yang telah di dibuat di Tab HTML akan hilang. Jadi ini akan cukup rumit.

Mohon maaf jika artikelnya sulit untuk dimengerti.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus