Kenapa Harus Selalu Install Windows 64-bit

Microsoft menawarkan 32-bit dan 64-bit versi Windows 10 (OS terbarunya). Windows versi 64-bit bisa disebut dengan "x64", sedangkan versi 32-bit disebut dengan "x86". Lantas mengapa tidak memilih 32-bit dan harus selalu atau tetap memilih versi 64-bit.

Sekarang Sudah Banyak PC Berbasis 64-bit

PC 64-bit telah menjadi mainstream untuk waktu yang lama. CPU konsumen 64-bit pertama Intel adalah Core 2 Duo, yang dirilis pada tahun 2006. AMD merilis Athlon 64 pada tahun 2003.

Jika memiliki PC yang dibeli dalam dekade terakhir, hampir pasti PC 64-bit. Artinya, sekarang prosesor 64-bit lebih banyak dan mudah untuk ditemukan. Dan bahkan beberapa perusahaan berhenti memproduksi versi 32-bit.

Komputer dengan CPU 64-bit dapat menjalankan sistem operasi 32-bit. Bahkan pada sistem operasi 64-bit dapat menjalankan aplikasi 32-bit dengan baik.

Mengapa Harus Menginstal Edisi 64-bit

Mungkin ini bisa dilihat dalam segi perbedaannya, yaitu Architecture (Arsitektur). Windows denagn arsitektur 32-bit terbatas hingga 4 GB RAM, sedangkan 64-bit lebih dari itu. PC yang digunakan untuk perkantoran kemungkinan bisa lebih dari itu. Jika ingin benar-benar menggunakan lebih dari 4 GB RAM, maka memerlukan Windows arsitektur 64-bit.

Selain itu, program 32-bit (dijalankan pada sistem operasi Windows 64-bit) hanya dapat mengakses 2 GB RAM. Jumlah yang sudah cukup besar, tapi program profesional dengan 2 GB RAM atau lebih dapat berjalan dengan lancar. Tidak heran, karena sekarang banyak aplikasi yang membutuhkan sistem operasi 64-bit.

Versi 64-bit juga memiliki sejumlah fitur keamanan yang berguna yang tidak dimiliki Windows versi 32-bit. Misalnya, Perlindungan Kernel Patch mencegah aplikasi dari menambal kernel Windows dalam memori pada Windows 64-bit, dan Data Execution Prevention (DEP) memiliki pengaturan yang lebih ketat pada edisi 64-bit.

Upgrade ke Windows 64-bit

Jika sekarang menggunakan windows 32-bit dengan CPU 64-bit dan RAM yang besar, maka akan lebih baik untuk melakukan upgrade. Bagaimana dengan Lisensinya?.

Lisensi windows itu sama saja artinya tidak ada masalah dan bisa digunakan untuk 32-bit maupun 64-bit. Jadi saat aktivasi bisa menggunakan Lisensi yang lama.

Mungkin ada beberapa pengguna yang tidak tahu (atau baru pertama kali) biasanya tanpa sengaja memilih Windows versi 32-bit. Jadi pastikan untuk selalu memilih Windows versi 64-bit.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus