Apa itu Timeline di Windows 10, apa Fungsi dan Penggunannya

Timeline adalah bagian dari Task view Windows 10. Ini menunjukkan riwayat aktivitas yang telah dilakukan dan bahkan dapat menyinkronkan aktivitas di seluruh PC.

Fitur ini tersedia di Windows 10's April 2018 Update. Ini juga dapat bekerja dengan aplikasi seluler yang di kaitkan dengan akun Microsoft, sehingga ketika melihat dokumen Word di iPhone atau ponsel Android maka akan muncul di Timeline pada PC.

Cara Membuka Timeline

Untuk membuka Task View, klik ikon "Task View" di taskbar sebelah kanan kotak Cortana. Jiak tidak ada mungkin pernah menyembunyikannya, unttuk menampilkan kembali, klik kanan taskbar dan klik "Show Task View Button".

Task View juga dapat dibuka dengan menekan Windows + Tab pada keyboard Anda.

Timeline muncul di jendela yang sedang terbuka. Gulir ke bawah untuk melihat daftar aktivitas baru-baru ini. Bilah gulir di sisi kanan memungkinkan untuk menggulung kembali hari-hari sebelumnya.

Aktivitas yang yang ditampilkan tidak semuanya, hanya aplikasi yang baru dan sudah didukung, seperti: aplikasi Store Universal Platform Platform (UWP) modern, halaman web Microsoft Edge dan aplikasi seperti aplikasi Berita yang disertakan di Windows 10.

Daftar kegiatan menyertakan setiap file yang dibuka melalui File Explorer, sehingga dapat melihat banyak dokumen, spreadsheet, gambar, video, dan file musik di sini.

Klik aktivitas untuk melanjutkan aktivitasnya. Windows membuka file atau kembali ke halaman web, artikel, atau apa saja yang dibuka.

Aktivitas yang telah dilakukan pada hari sebelumnya dikelompokkan untuk membuat antarmuka yang simpel dan lebih mudah digunakan. Klik "See All Activities" untuk melihat semuanya.

Jika ingin menghapus aktivitas (atau sekelompok aktivitas), klik kanan, lalu pilih "Remove" atau "Clear all from [Date]" semua aktivitas pada tanggalnya.

Daftar dekstop yang dibuat berada di atasnya. Untuk melihat task view di dekstop lain tidak perlu melakukan klik, karena akan menuju ke dekstopnya. Cukup arahkan saja ke bagian dekstopnya dan task view dekstop lain dibuka.

Cara Aktifkan Sinkronisasi (SYNC) Timeline Windows 10

Timeline diaktifkan secara default, tetapi tidak menyinkronkan ke akun cloud. Dengan diaktifkan maka aktivitas di PC pertama dihubungkan ke PC lain dengan akun yang sama, dan aktivitas bisa dibuka pada PC lain.

Contoh penggunaan; Jika PC dekstop sinkronisasi di aktifkan maka di laptop bisa melihat aktivitas di PC dekstop. tapi jika sinkronisasi laptop tidak aktif maka di tidak dapat melihat aktivitas PC dekstop.

Untuk mengaktifkan sinkronisasi, scroll ke bawah Timeline dan klik tombol "Turn On" di bawah bagian "See More Days in Timeline".

Atau juga dapat menuju ke Settings > Privacy > Activity History dan mengaktifkan opsi "Let Windows sync my activities from this PC to the cloud".

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus