Aplikasi Screenshot Gratis Terbaik dan Bagus untuk Windows

Ada banyak cara untuk mengambil screenshot di Windows. Windows 10 sendiri memiliki cukup banyak alat screenshot bawaan, dan ada beberapa Software aplikasi lain yang memiliki lebih banyak fitur dan tentunya datap mempermudah dalam pengambilan gambar. Berikut adalah Aplikasi Screenshot yang terbaik.

Tool Terbaik pada Windows bisa menggunakan tombol pada keyboard atau menggunakan aplikasi tool bawaan windows untuk Mengambil Gambar Layar Komputer.

Yang Terbaik untuk Screenshot Dasar: Greenshot

Greenshot adalah salah satu utilitas screenshot cukup populer untuk Windows. Ini adalah alat sederhana yang berjalan di system tray icon. Dengan menekan salah satu pintasan keyboard (prnt scrn) yang dapat dikonfigurasi pengguna atau klik kanan system tray icon dan pilih opsi untuk Capture.

Alat ini dapat mengambil screenshot dari layar desktop, jendela, wilayah, atau yang terakhir diambil tangkapan layarnya. Pilihan Preferences memiliki berbagai opsi, termasuk penundaan tangkapan layar yaitu penangkapan layar akan aktif dalam waktu tertentu.

Setelah mengambil screenshot, Greenshot akan ada opsi pemilihan untuk menyimpan gambar atau menyalinnya dalam clipboard, atau membukanya dalam beberapa aplikasi program yang telah terdaftar dan lainnya. Configure external commands memungkinkan untuk menambahkan program ke daftar ini pemilihan.

Greenshot berjalan di pada system tray icon dan bekerja dengan sangat baik. Greenshot bisa di unduh gratis dan merupakan aplikasi open-source.

Yang Terbaik untuk Pengeditan: PicPick

Antarmuka PicPick adalah berlawanan dengan Greenshot's. Jika Greenshot bersembunyi di system tray dan menawarkan antarmuka minimal, PicPick menyediakan antarmuka Windows modern lengkap dengan bilah pita. Jika mengambil beberapa tangkapan layar, PicPick menampilkan semuanya di editornya menggunakan tab.

Berbeda dengan Greenshot, PicPick dapat digunakan untuk mengedit seperti mengubah ukuran dan memotong screenshot, menerapkan efek, menyisipkan teks, dan menambahkan Stamps seperti angka dan panah. Kemudian dapat meng-upload langsung ke layanan, seperti Facebook, Twitter, atau server FTP dengan tab "Share".

Skitch adalah utilitas screenshot lain dengan fitur pengeditan dasar, tetapi Skitch dihentikan untuk Windows. Hanya tersedia untuk MAC. PicPick merupakan alternatif yang cukup bagus untuk Skitch.

Editor Screenshot dengan Fitur Lengkap Terbaik: Screenpresso

PicPick gratis untuk digunakan, khusus tool penggunaan bisnis bisa membeli $25. Tool lain untuk screenshot dengan pengeditan gambar yang serupa dan gratis untuk penggunaan pribadi maupun bisnis, dapat mencoba Screenpresso.

Namun, untuk masalah tampilan kesederhanaan saya lebih memilih PicPick, karena memiliki antarmuka yang lebih sederhana. Akan tetapi karena kurang puas dengan fitur pengeditan pada PicPick saya menggunakan Screenpresso, karena fitur pengeditannya yang lebih bagus.

Yang Terbaik dengan Fitur Berbagi: ShareX

ShareX lebih banyak fitur. Aplikasi ini dapat secara otomatis mengunggah screenshot ke lebih dari 80 tujuan. Ini juga memiliki alat screenshot yang tidak temukan di banyak aplikasi lain, seperti kemampuan untuk mengambil "Scrolling Capture" dari aplikasi apa saja (fitur seperti PicPick), mengambil "Halaman Web".

pengguna dapat mengonfigurasi ShareX untuk secara otomatis melakukan berbagai tugas pengambilan dan pengunggahan setiap kali kaetika mengambil tangkapan layar. Misalnya, setiap kali mengambil tangkapan layar, pengguna dapat meminta ShareX menyimpannya secara otomatis ke hard drive.

Setelah unggahan selesai, ShareX dapat secara otomatis menyalin URL gambar ke clipboard dan membagikannya. ShareX juga memiliki fitur canggih lainnya, seperti kemampuan untuk menangkap tangkapan layar secara otomatis setelah jangka waktu tertentu yang dapat konfigurasikan.ShareX bersifat gratis dan open-source.

Aplikasi Screenshot Terbaik dan Populer: Lightshot

Aplikasi yang sangat populer untuk screenshot -- Lightshot. Aplikasi ini juga sangat sederhana dan simple untuk digunakan. Lightshot punya kelebihan yang tidak ada pada dari aplikasi di atas yaitu ketika melakukan pengambilan gambar kita bisa mengatur/menyeleksi bagian atau area mana yang akan diambil dengan tepat.

Bisa beberapa kali perbesar atau perkecil ukuran seleksi dan gunakan tombol arah pada keyboard untuk memindahkan bagian seleksi. Setelah menyeleksi bisa menambahkan coretan, garis, dan tulisan. Jika ingin memperbesar seleksi setelah corat-coret tekan Esc, dan ubah ukurannya.

Itulah beberapa aplikasi yang digunakan untuk mengambil gambar di layar monitor dengan mudah, dan juga disertakan pula fitur untuk editing.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus