Tips Duduk yang Baik dan Benar Saat di Depan Komputer

Ketika di depan komputer, akhirnya duduk berjam-jam setiap hari pastinya tidak baik untuk tubuh. Berikut ini beberapa tips untuk duduk yang baik dan bagus.Duduk waktu yang lama itu sangat tidak baik untuk kesehatan, yang mempunyai efek pada postur tubuh, serta mengurangi kekuatan bagian-bagian tubuh — diantaranya punggung, bahu, dan leher. Ini bisa saja menyebabkan rasa sakit dan bisa membuat tubuh tidak sehat. Seperti, ketika membungkuk.

Duduk sepanjang waktu mengurangi kekuatan tubuh, yang pada akhirnya membuat membungkuk. Dan tidak sehat untuk punggung, bahu, dan leher. Ketika kehilangan kekuatan, gerakan membungkuk semakin parah. Berikut adalah hal-hal yang dapat membantu ketika duduk di depan komputer.

Atur Ketinggian dan Jarak Monitor

Monitor terlalu rendah itu tidak baik. Bagian atas monitor harus sejajar dengan mata (ketika duduk tegak), jadi selalu melihat ke depan dan tidak mengarah ke bawah. Dengan bagian atas monitor setinggi mata dapat menjaga kepala tetap lurus.

Jika menggunakan laptop, mungkin akan melihat ke bawah. Dalam jangka pendek akan terasa. Tetapi dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan nyeri leher dan punggung terus menerus, sakit kepala, dan lainnya.

Jika menggunakan laptop sepanjang waktu, mungkin akan lebih baik untuk memasang monitor eksternal.

Letakkan Kaki

Sikap yang tepat ialah kedua kaki harus menginjak lantai. Kaki yang di silangkan memang akan terasa nyaman untuk sebagian orang, pada akhirnya tidak akan bagus untuk tubuh.

Tegakkan Leher

Ketika membungkuk, kepala akan bergerak maju. Sehingga menyebabkan banyak tekanan pada otot-otot di leher. Dan masalah akan terjadi saat dalam jangka waktu panjang. Jadi posisi yang tepat ialah kepala harus sejajar dengan tubuh.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus