Mengapa Menonaktifkan 2.4GHz Wi-Fi di Jaringan

Teknologi Wi-Fi tersedia di setiap perangkat modern. Namun, ada banyak yang perlu diperbaiki, itulah mengapa kamu harus mempertimbangkan menonaktifkan band 2.4GHz di jaringan Wi-Fi rumah dan menggunakan band 5GHz yang lebih baru, dan lebih cepat.

5GHz Menjadi Standar

Ada banyak router dengan "dual band", yang berarti memiliki kemampuan untuk menggunakan dua band frekuensi 2.4GHz dan 5GHz. Router 802.11ac menggunakan band 5GHz yang memiliki koneksi super cepat.Perangkat dengan 5GHz dan 802.11ac tidak hanya mudah didapat, tapi juga semakin murah.

Spektrum nirkabel 2.4GHz digunakan pada peralatan lainnya, seperti mouse wireless komputer dan keyboard, headset Bluetooth.

Jika menggunakan router dual-band, perangkat mungkin secara default menggunakan 5GHz, tetapi band 2.4GHz masih berjalan, dan mungkin ada efek buruk.

5GHz Lebih Cepat

5GHz lebih cepat, tetapi gelombang radio frekuensi yang tinggi tidak dapat menjangkau jarak yang jauh seperti pada sinyal frekuensi rendah, dan tidak dapat menembus benda padat seperti dinding — itu merupakan fungsi dari fisika gelombang radio. Jadi menonaktifkan 2.4GHz menyebabkan masalah lain dengan jangkauan dan gangguan?.

Para peneliti dan perancang perangkat lunak menemukan cara untuk mengimbanginya. Baik perangkat N dan AC Wi-Fi mendukung beamforming, teknik untuk mengirim sinyal radio ke arah tertentu untuk sambungan yang lebih bersih dan lebih lama, daripada area cakupan 360 derajat yang tidak mendeteksi lokasi perangkat.

Selain beamforming untuk koneksi point-to-point yang lebih kuat, standar N dan AC memungkinkan lebih banyak saluran individual dalam spektrum Wi-Fi, dan AC memiliki saluran yang lebih luas dengan dukungan hingga 160MHz.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus