"Pasang Matched Content" Pastikan Mendapatkan Matched Content Adsense

Apa itu Matched Content atau konten yang sesuai. Matched Content adalah alat rekomendasi untuk menawarkan konten lainnya yang di anggap sesuai dan relevan, atau bisa juga untuk mempromosikan konten — yang ditujukan untuk pengunjung situs. Rekomendasi konten yang muncul didasarkan pada kesamaan topik dan disesuaikan untuk pembaca.

Matched Content ini bisa digunakan sebagai pengganti artikel terkait atau related post. Matched Content tidak sama seperti related post, dimana alat ini tidak menampilkan daftar konten berdasarkan label, melainkan dari topik dan kesesuaian pembaca, yang pemilihannya secara otomatis diatur oleh boot adsense. Hasil yang ditampilkan akan selalu sama, dan kemungkinan akan berbeda setelah beberapa waktu.

Sedangkan untuk related post, daftar pilihan konten berdasarkan label yang telah dibuat dan diatur, serta pemilihannya diacak secara otomatis oleh javascript. Jadi hasil akan selalu berbeda.

Yang menarik dari matched Content ini ialah diselipkannya iklan adsense pada daftar konten sesuai. Jumlah iklan yang tampil bisa berbeda-beda, ada yang satu atau dua atau tiga bahkan 4 atau bisa juga iklan tidak muncul — munculnya sesuai monetisasi pada konten.

Pastinya ketika belum membuka fitur matched Content ingin untuk mendapatkannya. Jika belum terbuka alat konten sesuai bisa menggunakan iklan otomatis yang biasanya matched Content akan muncul di tampilan mobile tapi tidak diselipkan iklan.

Cara Mendapatkan Matched Content Adsense

Untuk mendapatkan unit konten yang sesuai maka ada beberapa hal yang perlu ada pada blog. Di blog ManKoin bisa mendapatkan unit Matched Content dengan jumlah posting 134 dan dengan page view 200 - 300 perhari. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan agar bisa mendapatkan Matched Content.

Menggunakan meta-tag dan gambar di setiap posting

Menambahkan gambar unik ke setiap laman konten, begitulah yang diposting oleh google untuk menemukan artikel yang lebih baik untuk direkomendasikan. Serta dijelaskan juga untuk menggunakan meta-tag. Penggunaan meta-tagtidak perlu berlebihan setidaknya sudah valid data terstruktur dan menyertakan Open Graph (diantaranya cukup: og:title, og:type, og:image, dan og:url).

Trafik yang Baik

Blogger lain mengatakan untuk mendapatkan Matched Content harus memiliki trafik yang tinggi. Tapi itu belum tentu, trafik page view kisaran 200 bisa mendapatkan unit konten yang sesuai. Dan Visitor kurang lebih ada 100 perhari dari pencarian Google, ini bisa dilihat di webmaster.

Itulah yang saya amati sebelum mendapatkan Unit Matched Content. Intinya biar boot adsense menganalisa perilaku pengunjung. Intinya Buat blog Memiliki volume traffic yang stabil.

Jumlah artikel

Posting artikel tidak harus banyak hingga beberapa ratus. Blog ini dengan artikel 134 bisa mendapatkan Matched Content. Artikel yang kurang dari itu pun bisa juga mendapatkan fitur unit konten yang sesuai. Karena ada blog yang artikelnya hanya 50-an sudah memasang unit Matched Content.

Setidaknya update artikel secara rutin dan pastikan unik, tujuannya untuk meningkatkan trafik, serta agar boot adsense menambahkan index artikel (untuk digunakan sebagai konten sesuai).

Monetisasi Secara Optimal

Situs harus dimonetisasi secara optimal, bukan menampilkan iklan sebanyak yang bisa ditempatkan, tapi maksudnya menampilkan iklan sesuai (tidak melanggar) TOS Google. Cara mengoptimalkan monetisasi situs bisa dengan Eksperimen penempatan atau jenis dan ukuran iklan. Blog ini, sebelum mendapatkan Unit Matched Content sering bereksperimen hal tadi.

Matched Content dengan Auto Ads

Cobalah untuk menggunakan Auto Ads untuk menampilkan konten yang sesuai, mungkin saja ini bisa digunakan untuk uji coba untuk boot adsense. Biasanya akan tampil di halaman paling bawah atau pada element sidebar dan juga ini hanya bisa tampil di mobile, karena tidak pernah menemuinya muncul di dekstop. Tapi iklan tidak ada iklan.

Blog Mankoin sebelum mendapatkan Matched Content sempat ada iklan yang muncul pada konten sesuai yang dibuat Auto Ads. Mungkin saja ini bisa mempercepat mendapatkan Unit Matched Content. Ketika mendapatkan unit Matched Content di beranda akan ada pemberitahuan.

Cara Memasang Matched Content Adsense

Karena Matched Content termasuk iklan Native atau Asli maka Cara membuat kodenya sama seperti memasang unit iklan Native (pastinya sudah pernah membuat unit iklan native kan). Di Ad Unit akan ada bertambah satu item yaitu Matched Content (iklan Native). Setting nama, opsi iklan (otomatis dengan iklan), dan ukuran responsive (bisa juga di custom – tapi responsive lebih baik).

Setelah mendapatkan kode Matched Content tinggal menaruhnya pada blog Google menyarankan paktik terbaik dengan menempatkan di bawah artikel (bisa untuk pengganti related post) dan bisa juga di sidebar. Matched Content bisa juga boleh diletakkan di atas atau di bawah unit iklan.

Satu lagi daftar Situs yang bisa dipasang unit Matched Content tercantum pada Setelah > Akun Saya > Konten yang Sesuai — dalam bahasa inggris Settings > Mt Sites > Matched Content. Jadi tidak semua situs yang telah di pasang iklan bisa menggunakan unit Matched Content.

Iklan bisa ada, bisa tidak. Jumlah iklan yang muncul ada kaitannya dengan konten, jika konten dimonetisasi dengan baik, maka iklan akan muncul sesuai hasil monetisasi. Jika monetisasi baik bisa muncul sampai dua iklan.

Dan monetisasi itu mungkin dari keyword yang ada, tapi yang pasti dari keunikan konten. Karena pertama ketika mencoba pada artikel yang perkiraan keyword rendah iklan hanya muncul satu bahkan tidak muncul/tidak ada iklannya. Dan perkiraan pada artikel yang keyword cukup baik iklan bisa muncul sampai tiga unit.

Jadi biar muncul iklan pada Matched Content usahakan membuat konten seunik mungkin.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus