Mengatasi Item Data Terstruktur Hilang atau Tidak Valid pada Blog AMP

Sekarang Google memfokuskan konten dengan blog AMP pada pencarian mobile. Salah satunya dengan adanya validasi data terstruktur pada pengujian AMP milik google. Yang tidak valid akan ada "Missing or invalid structured data item" di bagian bawah, bagi yang akun google-nya di setting bahasa indonesia maka akan menggunakan peringatan "Item data terstruktur hilang atau tidak valid". Tapi ketika di cek di pengujian data terstruktur tidak ada error sama sekali.

Setelah saya amati ternyata ada yang salah dalam penempatan schema, yang tentunya tidak sesuai pedoman. Tapi bagi yang sering berkunjung di blog kompi ajaib milik kang adhy akan mendapatkan penyelesaian masalah seputar blog. Salah satu contohnya yang dibahas di posting ini.

Di blog kompi ajaib dalam Memperbaiki Item Data Terstruktur yang tidak valid menggunakan cara yang agak rumit, lalu bagaimana bagi yang belum terlalu paham dengan kode HTML.

Tidak harus mengubah semua struktur data, seperti pada tutorial kompi. Bisa diamati data schema yang valid dengan tidak valid pada Alat Uji Coba Data Terstruktur.

Biasanya untuk blog menggunakan schema seperti <article class='post hentry' itemprop='blogPost' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/BlogPosting'> pada itemprop='blogPost' itu bermaksud untuk membuat schemanya menjadi anakan dari schema atasnya yaitu schema untuk blog (schema.org/Blog). Jadi ketika di cek data terstruktur menjadi seperti pada gambar.

Maka dengan mengeluarkan schema blog posting (schema.org/BlogPosting) dari schema blog (schema.org/Blog). Maka hasil test data terstruktur akan menjadi seperti pada gambar. Dan ketika di cek, dalam BlogPosting terdapat tombol "Pratinjau" atau "Preview" warna hijau.

Memperbaiki Schema AMP yang tidak valid

Intinya cukup menghilangkan kode atribut itemprop='blogPost' pada elemen yang memiliki https://schema.org/BlogPosting, jika kode blogPost tidak ada tetap masih bisa valid. Tapi mungkin akan lebih baik dihapus karena itu berfungsi sebagai kode untuk anakan. Jadi intinya BlogPosting tidak boleh menjadi anakan, tetapi harus sebagai induk.

Tetapi data struktur schema.org/Blog yang di dalamnya kosong dan ini bisa di hapus. Contohnya <main id='main' itemscope itemtype='https://schema.org/Blog'> menjadi <main id='main'>. Lalu coba di cek di Pengujian AMP Google, apakah sudah valid.

Cara ini juga bisa diterapkan untuk blog non amp, dan mungkin saja ini adalah struktur yang benar.

Tipe Data Terstruktur

Ada tiga tipe struktur data yang bisa digunakan, definisi bisa lihat di Structured data type definitions. seperti NewsArticle untuk berita.

Sekian, jika kurang jelas dan ada salahnya mohon maaf, terima kasih untuk blog kompi ajaib.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus