Cara Menjaga dan Mengatasi Mata Lelah didepan Komputer atau HP

Menjaga mata adalah hal yang penting, tapi bagai mana jika menatap monitor sepanjang hari bisa menjadi faktor penyebab kerusakan mata dan juga penyebab mata minus. Jaman sekarang, banyak orang dari anak remaja hingga dewasa yang menggunakan hp dan menggunakannya dalam waktu yang lama hingga timbul mata tegang akibat gadget.

Ada sejumlah tindakan pencegahan yang dapat ambil untuk menghindari kelelahan mata. Dengan mengatur ruang dan penggunaan cahaya, lalu bagaimanakah posisi terbaik di depan komputer supaya mata tidak cepat lelah.

Faktor Mata Menjadi Lelah

Mata lelah adalah gejala yang muncul ketika terlalu memaksakan mata dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dapat terjadi dengan aktivitas yang lama diantaranya fokus pada satu jarak cukup lama, terutama ketika melihat layar pada perangkat elektronik.

Kelelahan mata dapat menyebabkan salah satu gejala berikut dan termasuk ciri ciri mata terkena radiasi komputer.

  1. Nyeri dan ketegangan di sekitar mata (yang dapat menyebar ke kepala, leher dan punggung)
  2. Mata kering atau kemerahan
  3. Kelelahan
  4. Sensitivitas terhadap cahaya
  5. Sakit kepala
  6. Penglihatan kabur

Mata lelah biasanya tidak menyebabkan kerusakan permanen, tetapi akan terasa tidak mengenakkan dan dapat menghambat aktivitas. Penyebab kelelahan mata bervariasi untuk semua orang, dan dapat berubah seiring waktu. Tiga jenis utama penyebab kelelahan mata adalah pengaturan ruang yang tidak memadai, pencahayaan yang tidak efisien, dan kurangnya perawatan mata yang tepat. Berikut adalah cara mengatasi mata lelah akibat terlalu lama didepan komputer dan alat elektronik lainnya.

Cara Mengatasi dan Menghindari Kelelahan Mata / Rabun

Komputer dan HP sama saja. Berikut adalah beberapa cara mencegah kerusakan mata ketika di depan komputer agar tehindar dari mata rabun dan minus, karena jika dibiarkan minus pada mata kan bertambah.

Mungkin ketika sedang browsing dapat memperbesar ukuran teks. Mata yang lelah dapat menyebabkan sakit kepala dan penglihatan kabur. Dengan mengatur beberapa kebiasaan bisa sangat membantu untuk mengurangi kelelahan mata.

Memperbesar teks: Dengan gunakan pintasan keyboard bisa dengan mudah untuk memperbesar teks sesuai kebutuhan dan terasa nyaman. Biasanya menahan tombol Ctrl di keyboard dan memperbesar dengan menggulirkan mouse.

Mata akan agak rabun jika terlalu lama di depan komputer itu karena otot yang kaku. Cobalah untuk melemaskan otot mata agar tidak kaku dengan melakukan istirahat 20 detik setiap 20 menit, dan melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki. Atau metode 20-20-20, untuk mudah di ingat.

Mengatur ulang monitor: Ketika menatap monitor, mungkin akan jarang untuk berkedip. Sehingga mata menjadi kering dan kemerahan. Untuk mengurangi efek ini posisikan monitor agak sedikit ke bawah dari mata. Dengan begitu mata tidak terlalu terbuka ketika melihat. Idealnya tinggi mata sejajar dengan sepertiga layar tepi atas.

Jangan terlalu dekat dengan layar karena bisa menyebabkan mata sakit saat melihat komputer. Menurut saya, kira-kira jarak mata dengan monitor komputer sebaiknya adalah antara 60 - 100 CM. Jarak minimal monitor dengan mata adalah agak 60 - 80 CM, jika layar berukuran kecil. Untuk layar besar kisaran 80 - 110 CM. Usahakan ambil jarak yang jauh, semua bisa di rasakan sendiri bagaimana nyamannya.

Tidak hanya pada komputer untuk ponsel atur jarak kisaran -+50 CM. Sebagai cara mengatasi mata lelah karena hp.

Banyak anak menggunakan gadget yang keseruan bermain hingga mata berada sangat dekat gadget, akhirnya menyebabkan mata menjadi minus. Maka cara mencegah mata minus pada anak dengan mengatur jarak mata dengan gadgetnya itu (kurang lebih 50 cm). Tapi mungkin ini akan sulit karena anak biasanya akan mengulangi lagi setelah beberapa waktu di ingatkan. Maka bisa memberikan waktu untuk istirahat dengan main tanpa gadget.

Perhatikan Pencahayaan

Pencahayaan yang tidak memadai adalah penyebab utama kelelahan mata lainnya. Pencahayaan yang berlebihan dapat mengiritasi mata. Pencahayaan yang terlalu sedikit menyebabkan mata tertekan.

Mengatur pencahayaan monitor. Setting monitor dengan mengurangi kecerahan dan kontras sampai seimbang dan nyaman ketika dilihat oleh mata. Untuk lebih nyaman lagi atur juga warna pada monitor.

Sesuaikan lampu pada ruangan: Jika ruangan terlalu gelap, maka dapat mempengaruhi kecerahan monitor secara keseluruhan. Jika ruangan terlalu terang, bisa membuat silau pada monitor. Hindari silau yang langsung masuk ke mata. Sesuaikan cahaya ruangan dengan kecerahan monitor.

Menjaga Kesehatan Mata

Selain mengatur kebiasaan aktivitas dan memperhatikan pencahayaan, Cara untuk menjaga kesehatan mata.

  • Periksa mata setiap 3 bulan.
  • Istirahat yang cukup, dengan mengatur pola makan yang sehat, dan minum secukupnya supaya tidak selalu kehausan. Termasuk juga mengatur waktu tidur yang cukup. Semua itu bisa mengobati mata lelah.
  • Cara mencegah mata minus secara alami bisa dengan melatih mata ketika tidak berada di depan komputer dengan berfokus pada objek dekat (6 inci) selama beberapa detik dan kemudian berfokus pada objek yang jauh. Ini dapat melenturkan otot lensa mata.
  • Mentimun dapat mencegah iritasi pada mata dan cara mengatasi mata perih karena komputer, caranya dengan menempelkan irisan mentimun pada mata. Karena mentimun mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai Antioksidan.

Filter Cahaya Di Komputer dan Smartphone

Beberapa tahun terakhir; Microsoft, Apple, dan Google telah menyediakan fitur yang berguna untuk membantu pengguna menjaga mata. Ini biasa dikenal sebagai "Night Light", sebuah filter yang berguna untuk menurunkan cahaya biru dan putih dari layar dan meningkatkan cahaya merah.

Pada Windows 10, fitur ini dikenal sebagai "Night Light". Di MacOS dan iOS, sebagai "Night Shift." Pada Android, fitur "Night Mode". Untuk ponsel Samsung, disebut "Blue Light Filter". Fitur-fitur itu dapat membantu menjaga mata.

Dari yang saya alami saat menggunakan komputer dan HP. Yang cenderung cepat lelah ialah Ketika menggunakan HP, daripada komputer. Lalu bagaimana dengan kamu!.

Sekian dari saya dan jagalah mata mulai dari sekarang agar tidak rabun.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus