Perbedaan Office 365 dengan Office 2016, Pilih Mana

Ada dua cara untuk membeli Microsoft Office. Beli produk Microsoft Office 2016 tradisional, atau mendapatkannya sebagai bagian dari langganan perangkat lunak Office 365. Inilah perbedaannya.

Office 2016 vs Office 365

Perbedaan utama: Office 2016 adalah produk Microsoft Office tradisional/biasa. Dengan membeli satu kali produk Office 2016, lalu dapat menginstalnya pada satu PC atau Mac dan gunakan selama dibutuhkan. Tidak ada tanggal kedaluwarsa .

Di sisi lain, Office 365 adalah cara baru membeli Microsoft Office. Harga Office 2016 mahal, dengan Office 365 dapat membayar dengan biaya bulanan atau tahunan (langganan) dan mendapatkan akses ke versi terbaru Office (selama masih berlangganan).

Keuntungan Office 365: Mendapatkan tambahan penyimpanan cloud OneDrive dan akses ke aplikasi Office untuk tablet. Pilih langganan bulanan atau tahunan lalu dapat menginstal Office hingga lima komputer yang berbeda (untuk office 365 Home).

Office 2016: Produk Software Tradisional

Office 2016 adalah produk perangkat lunak tradisional. Microsoft menjual "Office Home & Student 2016" untuk pengguna rumahan. Ada beberapa versi yang lebih mahal, yang tentunya disertakan aplikasi tambahan untuk pengguna bisnis.

Paket Office ini hanya mencakup Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote. Paket ini tidak termasuk Outlook, Publisher, dan Access.

Pengguna dapat mengunduh dan menggunakan Office 2016 selama yang diinginkan. Ketika Microsoft merilis versi Office yang baru, dan jika ingin menggunakan produk Office terbaru itu maka harus membayar lagi.

Ketika membeli Office 2016, pembeli harus memilih antara produk “Office Home & Student 2016” untuk PC Windows dan produk “Office Home & Student 2016 for Mac” untuk Macs; masing masing harganya sama yaitu $149. Tetapi jika beralih dari Mac ke PC Windows (maupun sebaliknya), maka harus membeli Office lagi.

Pembeli hanya dapat menginstal Office 2016 pada satu PC atau Mac. Pengguna dapat menonaktifkannya dan memindahkannya ke PC lain. Artinya tidak dapat digunakan pada dua komputer sekaligus, jadi harus membeli lagi untuk bisa digunakan di dua komputer.

Office 365 Personal: Langganan untuk Satu Orang

Office 365 adalah metode baru Microsoft dalam menjual dan mendistribusikan Office. Office 365 Personal adalah paket langganan untuk satu orang dan satu komputer. Office 365 memberikan akses kepada pengguna untuk mengunduh dan menggunakan versi terbaru dari Office. Versi saat ini adalah Office 2016, tetapi setelah versi baru rilis, pengguna dapat melakukan upgrade tanpa harus membayar biaya tambahan.

Berlangganan melalui akun Microsoft dengan kartu kredit atau membeli kode Office 365 tahunan. Microsoft mengenakan biaya harga $69.99 (kisar 986 ribu) per tahun atau $6.99 (kisar) per bulan untuk Office 365 Personal. Microsoft juga menawarkan percobaan gratis satu bulan Office 365 Personal, sehingga dapat mencobanya sebelum berlangganan apa pun.

Paket Office 365 termasuk Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote. Dan juga termasuk Outlook, Publisher, dan Access. Selain itu, juga mendapatkan 1 TB ruang penyimpanan online di OneDrive dan 60 menit Skype setiap bulan. Dapat digunakan untuk menelepon ponsel dari Skype.

Jika berlangganan, maka hanya dapat mengunduh dan menggunakan Office melalui Office 365. Jika berhenti membayar langganan, akses ke aplikasi Office akan hilang.

Saat berlangganan Office 365, bisa juga menginstal Office di PC atau Mac. Ketika beralih dari Mac ke PC Windows, atau sebaliknya, tidak perlu membayar tambahan. Caranya matikan saja lisensi dari PC Windows dan instal di Mac.

Office 365 Personal memungkinkan untuk menginstal Office di satu PC atau Mac, plus tablet, Android.

Office 365 Home: Langganan Hingga Lima Orang

Office 365 Home adalah paket langganan yang dirancang untuk keluarga atau orang yang membutuhkan Office di lebih dari satu komputer.

Office 365 Home mencakup semua Office 365 Personal. Microsoft mengenakan biaya harga $99.99 ( kisar 1 juta 409 ribu) per tahun atau $9.99 (kisar 141 ribu) per bulan untuk Office 365 Home.

Dapat menginstal Office hingga lima PC atau Mac, ditambah lima tablet (iPad, Android, atau Windows). Dan hingga lima akun Microsoft bisa mendapatkan 1TB penyimpanan cloud masing-masing, dan lima akun Skype mendapatkan 60 menit setiap bulan.

Mana Yang Harus Dibeli?

Dalam jangka panjang, Microsoft ingin menghapus versi Office yang satu kali pembelian dan transisi sepenuhnya ke layanan langganan, sebagaimana Adobe yang hanya menawarkannya melalui langganan Creative Cloud.

Jika kamu adalah tipe orang yang suka meng-upgrade setiap kali versi baru Office keluar, maka lebih baik langganan Office 365. Tapi jika tidak perlu harus meng-upgrade versi terbaru, bisa menggunakan Office 2016.

Jika membutuhkan lebih dari satu Office, Office 365 Home mungkin jauh lebih baik. Untuk mendapatkan lima Office, bisa membeli $750 (10 jutaan) untuk Office 2016 atau membayar $ 100 per tahun untuk Office 365 Home. Harga bisa saja berubah.

Microsoft juga Office Online Gratis berbasis Web dan menawarkan tool pencatat OneNote versi desktop secara gratis. Tidak perlu membayar Office untuk mendapatkan OneNote.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus