Apa Perbedaan Wi-Fi 2,4 dan 5-Ghz (dan Mana Yang Harus Gunakan)?

Jika ingin mengganti, memasang router, pernah tahu istilah "dual band" pada router, yang mengacu router bisa menggunakan band/pita Wi-Fi 2,4 GHz dan 5 GHz.

Perbedaan Antara 2,4 Ghz dan 5 GHz?

Angka-angka ini mengacu pada dua "band" berbeda, yang bisa digunakan untuk sinyal Wi-Fi. Perbedaan antara keduanya adalah kecepatan. Dalam kondisi ideal, 2.4 GHz Wi-Fi akan mendukung hingga 450 Mbps atau 600 Mbps, tergantung pada kelas router. 5 GHz Wi-Fi akan mendukung hingga 1300 Mbps.

Kecepatan maksimum juga tergantung pada standar nirkabel, yang didukung router; diantaranya 802.11b, 802.11g, 802.11n, atau 802.11ac.

Semakin panjang gelombang yang digunakan oleh pita 2,4 GHz lebih cocok untuk jangkauan dan transmisi yang lebih panjang, bisa melalui dinding atau benda padat. Jadi bisa dibilang lebih baik jika memiliki banyak dinding. Namun, jika banyak perangkat menggunakan pita 2,4 GHz, jadinya akan macet yang disebabkan oleh koneksi terputus dan kecepatan lambat.

Pita 5 GHz lebih stabil. Dan juga dengan kecepatan yang lebih tinggi. Di sisi lain, gelombang pendek yang digunakan oleh pita 5 GHz membuatnya kurang mampu menembus dinding dan benda padat. Ini juga mendapat rentang efektif yang lebih pendek daripada pita 2,4 GHz. Dan tentu akan menyebabkan jangkauan lebih pendek.

Apa Itu Router Dual-Band dan Tri-Band?

Sebuah router dual-band adalah salah satu yang memancarkan sinyal 2,4 GHz dan 5 GHz dari perangkat yang sama, pada dasarnya menyediakan dengan dua jaringan Wi-Fi.

  • Selectable dual-band. Sebuah router dual-band yang hanya dapat menggunakan jaringan Wi-Fi satu per satu (2,4 GHz atau 5 GHz ).
  • Simultaneous dual-band. Sebuah router dual-band bisa menggunakan jaringan Wi-Fi 2,4 GHz dan 5 GHz bersamaan. Tapi akan lebih mahal daripada router selectable dual-band.

Sebuah router tri-band memancarkan tiga jaringan secara bersamaan — dua sinyal 5 GHz dan satu sinyal 2,4 GHz. Tujuannya untuk meringankan jaringan yang mancet/lelet.

Jika perangkat memungkinkan untuk menggunakan kabel, maka akan lebih baik dengan kabel, karena akan lebih cepat, seperti komputer. kalau laptop mungkin bisa pake wifi karena mungkin sering di pindah-pindah.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus