Restart Ponsel Merupakan Cara Mengatasi HP Lemot

Tahukan apa itu restart! biasanya juga disebut reboot, yaitu proses mematikan dan menghidupkan lagi. Tahukah kamu dengan me-restart bisa mencegah masalah teknologi apa pun dan juga akan membuatnya lebih baik dalam hal kinerja, seperti tidak lambat atau lemot. Tapi kenapa?.

Ini Tentang Penggunaan RAM

Saat membuka aplikasi ram akan terisi, semakin banyak aplikasi yang dibuka semakin banyak pula penggunaan ram. Tetapi ketika menutup aplikasi atau menghapusnya secara manual dari memori, maka aplikasi itu sepenuhnya tidak sepenuhnya tertutup. Sisa-sisa penggunaan ram masih tetap ada, dan menyisihkan sedikit ruang untuk aplikasi baru.

Bagaimana Cara Reboot?

Ketika ponsel di restart semua aplikasi dimatikan dan semua yang ada dalam RAM akan di hapus. Jadi ketika dengan merestart semua data pada RAM dibersihkan, lalu memulai lagi dari awal.

Dengan itu, proses sistem dan pemuatan aplikasi dapat berjalan lebih cepat. Dan itu akan bertahan untuk sementara waktu atau sehari, mungkin juga bisa sampai seminggu.

Sering merestart itu tidak harus dilakukan, karena beberapa sistem operasi lebih baik dalam mengelola memori daripada yang lain.

Tidak hanya meningkatkan kinerja OS — ini juga memperbaiki masalah aplikasi umum. Jadi, jika mengalami masalah dengan satu aplikasi tertentu, dan ketika menutup / membukanya kembali tidak memperbaiki masalah, mungkin solusinya adalah restart.

Tentu saja, restart bukanlah solusi untuk semua masalah. Jika masalah berlanjut setelah reboot, jelas ada masalah yang lebih serius. Jika dalam waktu lama tidak merestart HP, maka bisa saja menyebabkan HP lemot atau mungkin sangat lemot.

Dengan demikian, merestart HP minimal setiap hari dapat menjaga performanya tetap lancar.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus