Urutan Kapasitas Penyimpanan, Berapa Besar Gigabyte, Terabyte, dan Petabyte?

Pernah mendengar istilah gigabyte, terabyte, atau petabyte, tetapi apa sebenarnya artinya dalam hal penyimpanan? Mari kita lihat lebih dekat pada ukuran penyimpanan.

Kata-kata seperti byte, megabyte, gigabyte, dan petabyte semuanya mengacu pada jumlah penyimpanan digital. Terkadang ada yang bingung dengan istilah seperti megabit dan gigabit. Ini berguna ketika membandingkan penyimpanan pada hard drive, dan perangkat penyimpanan flash. Serta membandingkan kecepatan transfer data jika menggunakan layanan internet atau jaringan.

Bits, Bytes, dan Kilobytes

Pertama, kita lihat dasar-dasar penyimpanan digital dengan beberapa kapasitas tingkat yang lebih rendah.

Unit penyimpanan terkecil disebut bit (b). Ini hanya mampu menyimpan satu digit biner — entah 1 atau 0. Satu megabit adalah seribu kilobit, lalu satu kilobit adalah seribu bit. Jika disingkat megabit disingkat menjadi Mb, kilobit menjadi Kb.

Kemudian satu byte (B), dengan huruf besar. Byte adalah delapan bit, dan dapat menyimpan satu karakter teks. Jadi menyimpan kata dengan 5 karakter seperti "simpan" membutuhkan 5 Byte.

Selanjutnya dari byte menjadi kilobyte (KB), yang setara dengan 1.024 byte data (atau 8.192 bit – dikali delapan).

Megabytes (MB)

Ada 1.024 KB dalam satu megabyte (MB). Biasanya, setelah tahap kilobyte, setiap penyimpanan berikutnya adalah 1.024. 1.024 byte adalah satu kilobyte; 1,024 kilobyte adalah satu megabyte; dan seterusnya.

Gigabita (GB)

GB hal yang umum dalam media penyimpanan. Meskipun sebagian hard drive ada yang diukur dalam terabyte, dalam penyimpanan drive USB dan banyak hard disk solid state masih menggunakan gigabyte.

Terabyte (TB)

Ada 1.024 GB dalam satu terabyte (TB). Dalam pemakaian apa data sebesar itu? Contohnya: sekitar 24 TB jumlah data video yang diunggah ke YouTube per hari di tahun 2016.

Petabyte (PB)

Ada 1.024 TB (atau sekitar satu juta GB) dalam satu petabyte (PB). Contohnya: sekitar 20 PB jumlah data yang diproses oleh Google setiap hari pada tahun 2008.

Exabytes (EB)

Ada 1.024 PB dalam satu exabytes (EB). Perusahaan raksasa seperti Amazon, Google, dan Facebook memproses jumlah data yang tidak terkira, 15 EB adalah Total perkiraan data yang dibawa oleh Google.

Tiga kapasitas berikutnya bagi yang ingin tahu adalah zettabyte, yottabyte, brontobyte dan geopbyte. Dari kapasitas yang ada, istilah Geopbyte adalah kapasitas data tertinggi saat ini.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus