Fitur Baru di Windows 10 April 2018 Update Lengkap

Pembaruan Windows 10 berikutnya, yang akan diberi nama "April 2018 Update" dan diberi kode nama "Redstone 4". Ini adalah Windows 10 versi "1803", dan diluncurkan pada tanggal 30 April 2018.

Yang menarik Download Windows 10 1809 Final Terbaru - October 2018 Update.

Berikut adalah fitur baru yang terdapat pada Windows 10 April 2018 Update yang sebelumnya diperkenalkan di Insider Preview.

Timeline - Daftar Kegiatan Dari Semua Perangkat

Fitur Timeline, yang seharusnya di sertakan pada Windows 10 Fall Creators Update, tapi di undur pada April 2018 Update ini.Timeline menyempurnakan " Task View " dengan riwayat aktivitas yang telah Anda lakukan sebelumnya di komputer. Ini akan melihat aktivitas Sebelumnya. Ini termasuk juga halaman web yang terbuka di Microsoft Edge, dokumen yang kerjakan di Microsoft Word akan ditampilkan.

Tujuan dan kegunaan fitur ini adalah untuk mempermudah melanjutkan "kegiatan" yang sebelumnya. Ini bisa disinkronkan di perangkat lain, sehingga dapat melanjutkan aktivitas di PC yang berbeda.

Aktivitas dikategorikan berdasarkan hari, dan jika melihat semua aktivitas dari hari tertentu, maka akan dikategorikan berdasarkan jam dari hari yang dipilih. Klik kanan aktivitas dan akan menemukan opsi untuk menghapus semua aktivitas mulai dari hari atau jam dari aktivitas tersebut. Opsi untuk mengontrol cara kerja fitur ini berada pada Settings > Privacy > Activity History.

Microsoft juga mengintegrasikan ini dengan aplikasi seluler juga, sehingga aktivitas dapat menjangkau seluruh PC dan Smartphone. Namun, hanya untuk aplikasi yang mendukung fitur ini.

Nearby Sharing - Berbagi File Nirkabel

Windows 10 sekarang memiliki fitur berbagi file " Nearby Sharing" yang sangat mirip dengan AirDrop milik Apple. Fitur ini juga disebut "Near Share".

Dengan syarat PC harus menggunakan konektivitas Bluetooth atau WiFi dan telah mengaktifkannya, Klik tombol “Share” di aplikasi apa saja dan perangkat terdekat dengan fitur yang telah diaktifkan akan muncul dalam daftar. Klik salah satu perangkat, dan konten akan dibagikan.

Ini berfungsi di aplikasi apa pun yang ada fasilitas Share. Jiga dapat menggunakan untuk berbagi foto di aplikasi Foto, berbagi laman web di Microsoft Edge, atau berbagi file di File Explorer.

Diagnostic Data Viewer - Menampilkan Apa yang Dikirimkan Windows ke Microsoft

Microsoft masih berusaha mengatasi masalah privasi di sekitar Windows 10 dengan menjadi lebih transparan. Untuk itu, ada aplikasi "Diagnostic Data Viewer" yang baru. Ini akan ditunjukkan dalam teks biasa dari informasi diagnostik yang dikirimkan Windows 10 PC ke Microsoft.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pergi ke Settings > Privacy > Diagnostics & feedback. Fitur ini dapat memakan hingga 1GB ruang disk untuk menyimpan data di PC. Setelah mengaktifkannya, klik tombol "Diagnostic Data Viewer" untuk pergi ke Microsoft Store dan unduh aplikasi Free Diagnostic Data Viewer untuk PC, yang memungkinkan untuk melihat informasi. Gunakan kotak pencarian untuk menemukan data atau filter tertentu.

Untuk menghapus data diagnostik yang dikumpulkan dari perangkat. Cukup klik tombol "Hapus" di bawah Hapus data diagnostik pada layar Settings > Privacy > Diagnostics & feedback screen.

Quick Pairing untuk Perangkat Bluetooth

Fitur “quick pair” yang akan mempermudah memasangkan perangkat Bluetooth di PC. Cukup letakkan perangkat Bluetooth dalam mode pasangan di dekat PC dan akan melihat pemberitahuan untuk meminta memasangkannya, sehingga tidak perlu membuka Pengaturan dan menavigasi ke pengaturan Bluetooth.

Progressive Web Apps di Windows Store

Ditambahkannya sejumlah fitur baru pada Microsoft Edge yang memungkinkan menjalankan Progressive Web Apps (PWAs) pada Windows 10. Ini pada dasarnya merupakan standar baru untuk aplikasi web yang berperilaku seperti aplikasi desktop. Setiap aplikasi mendapatkan pintasan (shortcut), dapat berjalan secara offline, dan dapat mengirim pemberitahuan. Google, Mozilla, dan Microsoft semuanya mendukung PWAs, dan bahkan Apple menambahkan beberapa dukungan untuk teknologi ini.

Microsoft juga menyedikannya melalui aplikasi Microsoft Store, memungkinkan untuk menginstalnya seperti aplikasi Windows 10 lainnya. Di masa mendatang, ini juga dapat menginstalnya langsung dari Microsoft Edge, menurut karyawan Microsoft. Dan memungkinkan Windows 10 mendapatkan aplikasi Google seperti Gmail dan Google Calendar sebagai Aplikasi Web Progresif yang tersedia di Microsoft Store.

Install Update Lebih Cepat

Di pembaruan ini akan mempercepat install update hingga dua kali. Cara kerjanya, sebagian proses update dilakukan di latar belakang saat PC sedang digunakan, dan ketika melakukan update proses akan lebih cepat. Proses update ini berjalan dengan prioritas rendah, jadi tidak memperlambat PC saat sedang digunakan.

Dari tes yang dilakukan Microsoft, waktu update "offline" yaitu dengan rata-rata 82 menit menjadi 30 menit.

Font - Pengaturan dan Instal Dari Store

Sebagai bagian dari proses untuk menghentikan Control Panel lama dan memindahkan semuanya ke aplikasi Pengaturan baru, sekarang ada fitur Fonts di Settings > Personalization > Fonts yang akan memungkinkan untuk melihat, menginstal, dan menghapus font.

Font juga tersedia di Microsoft Store untuk instalasi lebih mudah. Klik tautan "Get more fonts in the Store" pada layar dan akan membuka koleksi Font di Microsoft Store, selanjutnya dapat mengunduh dan memasang font dengan cara yang lebih mudah dan lebih nyaman.

Peningkatan Microsoft Edge

Edge sekarang didesain ulang - popup yang menunjukkan bookmark, riwayat, unduhan, dan bahkan eBook dari Microsoft Store. Tema "dark" yang didesain ulang dengan warna hitam yang lebih gelap dan lebih kontras, serta desain acrylic-style fluent design di seluruh antarmuka Edge.

Web browser sekarang dapat menyimpan informasi seperti nama dan alamat dan secara otomatis mengisi formulir di situs web. Ini dapat menyinkronkan informasi di perangkat. Terdapat opsi matikan audio dengan klik kanan tab dan pilih milih "Mute Tab". Menjelajah dengan mode InPrivate, yang dapat memilih untuk mengizinkan ekstensi tertentu berjalan.

Ada juga opsi baru "Clutter-free printing". Yang digunakan mencetak halaman web tanpa iklan dan tanpa berantakan. Tentunya akan berfungsi di setiap situs web.

Fitur Baru Cortana

Cortana memiliki antarmuka "Organizer" baru, membuatnya mudah untuk melihat list dan reminders. Ini dapat memudahkan untuk mengetahui apa saja fitur dan kemampuan Cortana, sehingga bisa memanfaatkannya dengan lebih baik.

Fitur pencarian web Cortana tidak dapat dinonaktifkan lagi melalui Group Policy pada Windows 10 Professional. Hanya pengguna Windows 10 Enterprise dan Education yang dapat menonaktifkan Cortana, seperti "Nonaktifkan web search.".

Pengaturan My People

Sekarang mendukung drag dan drop. Orang yang disematkan ke popup My People kini dapat mengirimi Anda pemberitahuan emoji beranimasi juga. Windows sekarang akan menyarankan aplikasi yang mungkin minati yang terintegrasi dengan My People. Tapi ini dapat dinonaktifkan lewat Settings > Personalization > Taskbar.

Video HDR

Microsoft memperluas dukungan video HDR ke lebih banyak perangkat. Banyak perangkat baru yang mampu memainkan video HDR, tetapi tidak dikalibrasi. Untuk memeriksa apakah perangkat dapat memutar video HDR, buka Settings > Apps > Video playback. Jika dapat mengatur opsi "Streaming HDR video" menjadi Aktif, artinya perangkat dapat memutar video HDR, jika terlebih dahulu dikalibrasi dengan benar.

Pengaturan Graphics untuk Sistem Multi-GPU

Sekarang ada halaman pengaturan Grafis baru yang memungkinkan memilih GPU mana yang ingin digunakan aplikasi (jika memiliki sistem multi-GPU). Ini adalah cara standar baru di Windows, apa pun perangkat keras grafis yang digunakan.

Untuk menemukan opsi ini, buka Settings > System > Display > Graphics settings. Memilih GPU mana yang harus digunakan Windows untuk setiap aplikasi. Windows akan menggunakan GPU eksternal saat sedang Kinerja tinggi. Dan ketika mode "Power saving" aktif makan akan beralih ke GPU internal.

Opsi Izin Aplikasi

Windows sekarang memungkinkan untuk mengontrol aplikasi UWP (Store) mana saja yang memiliki akses ke file sistem atau folder Pictures, Video, dan Dokumen. Ketika aplikasi menginginkan akses, ia harus meminta izin dari pengguna. Pada Settings > Privacy, Anda akan menemukan empat tab baru untuk mengontrol akses ke Sistem File, Gambar, Video, dan Dokumen.

Fokus assist - Quiet Hours

Fitur "Quiet Hours" memungkinkan untuk menonaktifkan pemberitahuan selama periode waktu tertentu sekarang telah diubah namanya menjadi "Fokus Assist".

Focus Assist otomatis akan aktif dalam situasi tertentu. Ini juga mendukung berbagai prioritas pemberitahuan, sehingga dapat mengizinkan notifikasi penting (prioritas tinggi) dan memblokir sementara notifikasi prioritas-rendah. Ringkasan dari setiap pemberitahuan yang terlewatkan akan terlihat saat menonaktifkan Fokus Assist.

Untuk menyesuaikan cara kerjanya, buka Settings > System > Focus Assist. Opsi di sini memungkinkan Anda untuk menetapkan prioritas pemberitahuan Anda sendiri dan jam ketika Focus Assist akan secara otomatis aktif. Mengaktifkan atau menonaktifkan Focus Assist dengan klik kanan ikon pemberitahuan di sudut kanan taskbar dan menggunakan salah satu opsi "Set focus assist".

Language Packs - Paket Bahasa di Windows Store

Paket bahasa yang dapat di install lewat Windows Store atau menggunakan Settings > Time & Language > Region and language screen, yang telah dirancang ulang.

Microsoft mengatakan mereka telah mulai menggunakan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin untuk terjemahan mereka, dan memiliki paket bahasa di Store artinya dapat diperbarui dengan perbaikan yang lebih sering.

Display and DPI - Pengaturan Layar

Informasi tentang display hardware, sekarang tersedia di bawah Settings > System > Display > Advanced display settings.

Windows 10 berusaha supaya aplikasi lama bisa terlihat bagus dalam hal DPI, opsi "Fix scaling for apps" baru di Settings > System > Display > Advanced scaling. Saat diaktifkan, Windows akan mencoba menyesuaikan aplikasi secara otomatis sehingga aplikasi tidak terlihat buram. Jika tidak mengaktifkan pengaturan ini, Windows akan menampilkan "Fix apps that are blurry?" ketika mendeteksi aplikasi buram di layar Anda.

Lebih banyak pengaturan per aplikasi untuk penskalaan sistem DPI. tersedia dengan klik kanan file .exe atau pintasan desktop, pilih “Properties”, lalu “Compatibility”, dan kemudian klik tombol “Change high DPI settings”.

HomeGroup Dihentikan

Karena sekarang HomeGroup dinonaktifkan. Sebagai gantinya, Microsoft menggunakan solusi modern seperti berbagi file OneDrive, atau fungsi Share Windows 10 untuk folder dan printer.

Dukungan Gambar HEIF

Windows 10 sekarang mendukung tampilan gambar dalam HEIF (High Efficiency Image Format) tanpa aplikasi pihak ketiga. Format gambar ini digunakan oleh aplikasi Kamera di iPhone modern, dan Google juga menambahkan dukungan untuk itu ke Android.

Saat pertama kali membuka file HEIF atau HEIC, file akan terbuka di aplikasi Photos dan aplikasi akan memandu untuk menginstal codec yang diperlukan dari Microsoft Store. Setelah menginstalnya, gambar-gambar ini akan ditampilkan secara normal di aplikasi photos, dan thumbnail serta metadata di File Explorer.

Login Sandi di Windows 10 Mode S

Cara dari microsoft untuk masuk ke PC tanpa memasukkan kata sandi, tetapi hanya jika menggunakan S Mode pada Windows 10. Cukup dengan mengunduh aplikasi "Microsoft Authenticator" di smartphone Android atau iPhone dan mengatur Windows Hello untuk menggunakannya sebagai metode masuk. Jika ada smartphone masih bisa PIN untuk masuk.

Pengaturan Baru dan Perubahan Lainnya

Microsoft selalu membuat sedikit perubahan tambahan fitur di Windows 10 terbaru dan mendesain ulang antarmuka. Berikut beberapa di antaranya.

  • Status OneDrive di Panel Navigasi
  • Ikon Windows Update pada Tray Icon
  • Recovery password pada akun
  • Lebih banyak Fluent Design dan baru
  • Game Bardi didesain ulang
  • Perbaikan keyboard Emoji
  • Mengatur Aplikasi Startup
  • Windows Defender dengan tampilan baru
  • Kategori dalam Privacy Settings
  • Akses Cepat menuju Pengaturan Aplikasi
  • Snipping Tool dan Paint 3D
  • Pengaturan Keyboard Modern
  • Mengatur Data Seluler
  • Narrator dalam Safe Mode
  • Atur Penggunaan Data untuk Wi-Fi dan Ethernet
  • Mengubah Font Tulisan Tangan
  • Panel Tulis Tangan
  • Perbaikan Panel Tulisan Tangan
  • Reset Pengaturan Mode Game
  • Windows Hello Easy lebih mudah
  • Menyembunyikan Scrollbars
  • Nonaktifkan atau Aktifkan Tombol Warna Hotkey
  • Lihat dan hapus penambahan kata dan
  • Disk Cleanup dalam Storage Settings
  • Sound Options lebih modern
  • Saran Kata Dengan Keyboard Hardware
  • Work Folders On-Demand
  • Prediksi Teks Multibahasa

Fitur untuk Developers and System Administrators

Pembaruan Windows 10 April 2018 Update memiliki beberapa fitur mungkin akan disukai.

  • Perintah Curl dan Tar
  • Native UNIX Sockets
  • Proses Registry pada Tag Manager
  • Baru Delivery Optimization Policies (Kebijakan Pengoptimalan Pengiriman)
  • Windows Hypervisor Platform API
  • Kustom Skrip Selama Pembaruan Fitur
  • Ultimate Performance Mode untuk Workstations
  • Aplikasi yang Berfokus pada Produktivitas untuk Workstation
  • Windows AI Platform dan APIs baru lain

Peningkatan Aplikasi Linux

Microsoft terus meningkatkan Subsistem Windows untuk Linux, yang memungkinkan dapat menjalankan distribusi Linux seperti Ubuntu dan openSUSE langsung di Windows 10.

  • Native UNIX Sockets
  • Serial Device Support (akses port COM)
  • Background Tasks untuk aplikasi
  • Peningkatan Elevasi (administrator)
  • Menjadwal Jalannya Aplikasi Linux
  • Dukungan Koneksi Jarak Jauh
  • Mengonversi Linux dengan Cepat ke Jalur Lokasi Windows
  • Sesuaikan dengan Launch Settings
  • Berbagi Environment Variables
  • Case Sensitivity untuk Windows direktori

Redstone 5

Fitur baru yang akan muncul di Redstone 5 (setelah Case Sensitivity April 2018 Update). Yaitu fitur tab seperti pada browser. Tab ini dapat berupa "tab aplikasi" yang berisi aplikasi Windows 10 universal, atau "tab web" yang menyematkan halaman web Microsoft Edge.

Fitur "Cloud Clipboard" yang dapat menghubungkan Clipboard pada beberapa perangkat dengan cara menyinkronkan teks dan data lain. Jadi dapat meng-copy teks suatu perangkat dan mem-paste nya di perangkat lain.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus