Kenapa Domain .BLOG Sebagai Pilihan Alternatif, Ini Alasannya

Zaman sekarang sudah sangat banyak blog atau website yang telah terdaftar di internet, artinya banyak juga orang yang telah membuat blog. Dan jumlah ini akan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Kebanyakan orang lebih senang dan suka untuk memilih alamat domain .com atau sebagai alternatifnya .net – untuk nama blog atau website mereka. Dikarenakan domain ini sudah populer.

Tapi sekarang perlu Anda ketahui salah satu nama domain yang unik dan menarik lainnya ialah ".BLOG". Awalnya saya baru dapat mengetahui nama domain ini di situs exabytes.co.id. Tapi sebenarnya domain .BLOG termasuk jenis domain baru yang di mulai pada 21 November 2016.

Tapi karena masih baru mungkin banyak orang yang menganggap domain .BLOG itu kurang bagus untuk blog maupun website mereka. Tapi itu anggapan yang salah – sekarang Anda tidak perlu khawatir karena domain .BLOG itu juga bagus dan bahkan terus berkembang.

Alasan kenapa Anda harus memilih domain .BLOG

Alasan pertama – Jangan mengira domain .BLOG diperlakukan berbeda oleh mesin pencari Google, karena itu merupakan sebuah anggapan yang salah.

Soalnya Algoritma Google sekarang sudah berbeda dengan yang dulu. Di mana sekarang lebih mengenali Top Level Domain baru. Artinya domain-domain baru akan diperlakukan sama seperti yang lainnya – bisa dibilang SEO friendly.

Jadi Google menganggap situs dengan domain .BLOG itu sama saja dengan domain populer lainnya. Dan Domain .BLOG itu juga bisa dengan mudah ditemukan di pencarian layaknya domain .COM ataupun .NET dan domain yang lainnya.

Jadi untuk menyaingi atau bahkan melampaui situs-situs lain di mesin pencari Anda hanya perlu menyediakan isi dari situs Anda sendiri, utamanya konten berkualitas yang disukai pengunjung.

Alasan kedua – Domain .COM sudah terdaftar lebih dari 120 juta kali, maka ketersediaan domain semakin sedikit, akhirnya sulit untuk menemukan domain berkualitas yang sesuai selera.

Dikarenakan .BLOG masih baru, domain yang tersedia pun masih sangat banyak dan Anda dapat menemukan nama domain yang berkualitas dan bagus sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Dan yang terpenting tentunya dapat menentukan nama domain yang sesuai dengan topik dari situs Anda. Karena ini merupakan sebuah faktor SEO.

Alasan ketiga – Blog merupakan sebuah kata yang mudah untuk diingat, jadi akhiran alamat situs dengan domain .BLOG juga dapat pula diingat dengan mudah. Tapi yang paling penting ialah menentukan nama dari situs yang anda buat agar lebih mudah diingat.

Kenapa Blog Mankoin Menggunakan Domain .BLOG

Tujuan awal saya menggunakan domain .BLOG hanya satu yaitu ingin mendapatkan domain gratis. Tentunya ini juga mempertimbangkan ke depannya nanti, apakah baik untuk pengunjung utamanya dari mesin pencari.

Jawabannya: Menurut saya baik saja karena .BLOG itu juga bagus dan menarik. Dan untuk pengunjung dari mesin pencari tidak perlu dikhawatirkan, karena seperti yang sudah dijelaskan di atas yaitu domain .BLOG dianggap sama seperti domain yang lainnya (.COM, .NET, .ID dll).

Tujuan kedua, karena situs saya termasuk dalam kategori sebuah Blog, jadi akan bagus aja jika menggunakan domain .BLOG. Judul situs ini "Blog ManKoin" maka dengan domain mankoin.blog kedua kata itu sudah ada dalam satu alamat domain (yang singkat).

Yang perlu diingat tujuan utama dari situs ialah untuk memberikan informasi kepada pembaca. Jadi keputusan saya menggunakan .BLOG mapan, karena yang terpenting ialah menyediakan konten berkualitas yang memberikan manfaat kepada pembaca. Dengan begitulah pengunjung akan mulai berdatangan.

Lalu tujuan ketiganya, supaya menjadikan nama alamat situs ini terlihat unik, menarik dan berbeda dengan akhiran .BLOG. Mungkin saja karena dengan unik, menarik dan berbeda dari yang lain bisa membuatnya mudah untuk diingat.

Di mana Anda dapat menemukan dan membeli domain .BLOG — itu mudah kok, saya mendaftarkan domain mankoin.blog di exabytes.

Cukup sekian, semoga pengalaman saya menggunakan domain .BLOG dapat bermanfaat untuk Anda dan blogger lainnya.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus