8 Alasan Menginstal LineageOS di Smartphone Android Kamu

Sebelumnya CyanogenMod adalah kustom ROM paling populer untuk perangkat Android. tapi sekarang tidak dikembangkan lagi. Banyak pengembangnya telah terjun ke proyek LineageOS yang baru — pengganti CyanogenMod. Meskipun dukungan perangkat tidak terlalu luas, Lineage masih menjadi pilihan pertama untuk ROM terbaru dan terbaik.

Beriktut adalah kelebihan LineageOS, dan kenapa harus memilih Kustom ROM LineageOS.

Selalu Up-to-Date, Stock Android

LineageOS memberikan versi Android terbaru. Serta merupakan stok Android murni. Pengembang Lineage menambahkan banyak tweak dan beberapa aplikasi. Namun, masih tetap menggunakan antarmuka Google.

Banyak Tweak ditambahkan ke Pengaturan sebagai opsi baru. Karena itulah LineageOS sangat cepat dan lebih cepat dari pada rom bawaan. Dan karena itulah mungkin tujuan menginstall LineageOS.

Ini adalah alasan terbesar untuk menginstal kustom ROM, karena memiliki keunggulan yang bagus. Jika mendukung perangkat yang Anda miliki, itu itu bisa memberikan pengalaman Android yang murni dan terbaru.

Penjaga Privasi (Privacy Guard)

Privacy Guard memungkinkan untuk mengontrol izin menginstal aplikasi yang dapat digunakan, dan yang mengizinkan aplikasi baru secara default. Terlihat bergaya iOS di Android, sehingga dapat memutuskan apakah aplikasi itu harus diizinkan untuk mengakses lokasi, kontak, dan data pribadi lainnya saat masih menggunakan aplikasi.

Privacy Guard juga menampilkan pemberitahuan ketika menggunakan aplikasi yang diblokir. Jika aplikasi tidak berfungsi dengan benar, pemberitahuan ini mengingatkan bahwa mungkin ingin mengaktifkan beberapa izin kembali. Untuk mengaktifkan Privacy Guard dan mengontrol notifikasi pergi ke Settings > Privacy > Privacy Guard.

SuperUser - Root

Tampilan "Superuser" mengintegrasikan izin root pada Pengaturan Android.

Ini berfungsi untuk mengizinkan dan melarang permintaan superuser dari aplikasi, tetapi juga memungkinkan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan root untuk seluruh perangkat.

Tidak perlu menghubungkan ponsel atau tablet ke komputer dan menjalankan perintah apa pun, dan tidak akan kehilangan root saat melakukan Update/Upgrade. LineageOS kompatibel dengan akses root jika menginginkannya, dan memungkinkan untuk menonaktifkan akses root jika tidak membutuhkannya.

Antarmuka Tweaks

Dapat melakukan tweak Status Bar, panel Pengaturan Cepat, Notification Drawer, dan Navigation Bar. Misalnya, mengatur ulang tombol-tombol pada Navigation Bar di bawah layar, atau mengatur urutan ubin di panel Pengaturan Cepat.

Equalizer

Aplikasi AudioFX menyediakan kontrol equalizer yang dapat gunakan untuk menyesuaikan suara yang masuk ke perangkat, memungkinkan peningkatan bass, mengaktifkan equalizer, dan memilih preset yang sesuai dengan musik.

Opsi Tombol (Button Options)

Menggunakan layar "Tombol" untuk mengontrol perangkat. Misalnya, menekan tombol volume untuk baerganti misik.

LineageOS juga menyertakan kemampuan untuk mengaktifkan kontrol kursor keyboard, sehingga tombol volume dapat memindahkan kursor teks saat keyboard.

Profil

LineageOS menyertakan profil, yang ada pada Settings > Users atau dengan menekan lama tombol daya, lalu pilih "Profil". Profil adalah grup pengaturan. Misalnya, mengatur ponsel ke mode getar dan menonaktifkan data seluler.

LineageOS juga menyertakan beberapa aplikasi, seperti Trebuchet Launcher, widget jam, File Manager dengan akses root, pemutar musik khusus, dan terminal emulator. Serta dapat menginstal banyak aplikasi, dan menggantinya dengan aplikasi lain.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus