Apa itu Windows 10 in S Mode?

Beberapa PC Windows 10, termasuk Laptop Surface, dilengkapi dengan “Windows 10 S Mode ”. PC dalam S Mode hanya dapat menginstal aplikasi dari Microsoft Store.

Apa itu S Mode?

Windows 10 in S Mode adalah sistem operasi Windows yang lebih terbatas dan tertutup. Dalam S Mode, hanya dapat menginstal aplikasi dari Store, dan hanya dapat menjelajahi situs web (browsing) dengan Microsoft Edge.

Dalam penerapan S Mode Microsoft mengutamakan keamanan, kecepatan, dan stabilitas. Karena Windows hanya dapat menjalankan aplikasi dari Store, dan malware dari web tidak akan dapat berjalan.

S Mode hanya mendukung mesin pencari Bing. Sementara Microsoft Edge di S Mode menggunakan Bing sebagai mesin pencari default. Dan tidak dapat mengubah mesin telusur default Edge ke Google maupun yang lainnya.

Windows 10 S Mode tidak dapat menggunakan command-line shells seperti PowerShell, Command Prompt, atau Bash. Berbagai alat pengembang lainnya dibatasi, tidak ada akses ke Windows Registry melalui Registry Editor.

Mirip seperti sistem operasi iOS Apple di iPhone atau iPad, yang hanya memungkinkan untuk menginstal aplikasi dari App Store. Tetapi S Mode membatasi aplikasi Windows yang tersedia di Microsoft Store.

S Mode adalah Opsional

Mode S Windows 10 adalah opsional – pilihan, bukan suatu keharusan. Kebanyakan PC Windows 10 dilengkapi dengan versi Home atau Professional standar yang memungkinkan untuk menjalankan perangkat lunak dari mana saja. PC S Mode akan menggunakan tulisan "Windows 10 Home di S Mode" atau "Windows 10 Professional in S Mode" dalam spesifikasi produk.

Jika membeli PC S Mode, Windows tersebut bisa dihilangkan/diganti. Tetapi nantinya tidak dapat di restore (dikembalikan ke S Mode). Belum diketahui kenapa Microsoft menggunakan cara ini.

Cara Cek Apakah Menggunakan S Mode

Untuk memeriksa windows 10 menggunakan S Mode atau tidak bisa menuju ke Settings > System > About. Scroll ke bawah, di bagian "Spesifikasi Windows" cek Edition-nya.

Jika ada kata-kata "in S mode" tulisan Edisi windows, maka itu PC S mode.

S Mode Berbeda Dari Windows 10 S?

Mulai pada April 2018 Update, Windows 10 “S Mode” telah menggantikan Windows 10 S. Memang cara kerjanya sama, hanya beda jenisnya saja yaitu Mode windows 10.

Sebagian besar edisi Windows 10 dapat diubah ke dalam S Mode. Hanya pabrikan PC yang dapat memasang ke S Mode.

Setiap PC dengan Windows 10 S akan di ubah ke Windows 10 Professional in S Mode ketika menginstal April 2018 Update.

Semuanya juga berlaku untuk Windows 10 ARM.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus