Membuat Kopi biji kurma, apa saja Manfaatnya

Kurma buah manis dan lezat yang merupakan buah yang disukai oleh rasulullah SAW. Tidak lupa pula dengan gizinya yang banyak dan bermanfaat. Tidak hanya daging buahnya saja yang bermanfaat tetapi bijinya juga mempunyai beberapa manfaat yang terbukti oleh beberapa orang yang telah mencobanya, bahkan ada yang membuatnya untuk minuman kopi. Mungkin ada banyak orang yang tidak mengetahui bahwa biji kurma juga memiliki manfaat.

Kopi biji kurma mempunyai kandungan yang bisa memberikan tenaga. Selain itu pula biji kurma bisa digunakan untuk campuran daging, yang berguna untuk melembutkan daging. Kopi biji kurma bisa juga digunakan sebagai lulur yang cara nya cukup mencampurkannya dengan madu dan minyak zaitun terlebih dahulu.

Kandungan biji kurma mempunyai kandungan antioksidan yang sangat tinggi selain itu kandungan mineral, karbohidrat, dan protein dapat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Di Arab Saudi pembuatan minuman kopi menggunakan biji kurma apalagi yang ingin membuatnya sendiri pasti lebih lezat. Tahap pengolahannya sebagai berikut.

  • Proses pertama dengan cara menyortir biji kurma
  • Cuci biji kurma cukup dengan menggunakan air bersih. Tidak perlu menggunakan pembersih, karena untuk di konsumsi.
  • Lalu jemur biji kurma, penjemuran ini bertujuan untuk mengurangi kadar airnya.
  • Selanjutnya sangrai, proses sangrai tidak memakai minyak sama sekali. cukup bolak balik biji kurma dalam wajan panas dengan api sedang sampai besar. proses sangrai sekitar 30 menit dan harus sampai benar benar hitam biji kurmanya. tujuan utama dari sangrai untuk mengurangi kadar air biji kurma, Agar bisa memudahkan proses penggilingan.
  • Setelah proses sangrai, kemudian haluskan biji kurma dengan tumbuk /blender /giling biji kurma sampai teksturnya halus seperti bubuk kopi.
  • Selesai deh tinggal gunakan bubuk biji kuma seperti kopi pada umumnya.

Kopi biji kurma juga mempunyai khasiat yang tidak diragukan lagi beberapa orang yang sudah mencobanya bisa sembuh dari kencing manis, asam lambung atau maag, dan jantung. Apalagi dengan kandungan gizinya yang banyak kopi biji kurma juga dipercaya menyembuhkan batuk flu, masuk angin, sakit demam, dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Manfaat dan khasiat kopi biji kurma

berikut adalah beberapa manfaat lainnya dari kopi biji kurma.

  1. Menyembuhkan lemah syahwat.
  2. Menyembuhkan kencing manis.
  3. Menghilangkan capek dan lesu.
  4. Menghangatkan badan.
  5. Menyehatkan stamina.
  6. Meyembuhkan miun.
  7. Meyembuhkan kista.
  8. Meyembuhkan keputihan.
  9. Meyembuhkan gatal gatal.
  10. Meyembuhkan darah tinggi.
  11. Meyembuhkan kolesterol.
  12. Meyembuhkan struk.
  13. Meyembuhkan asam urat.
  14. Meyembuhkan pusing.
  15. Meyembuhkan sakit kepala.
  16. Meyembuhkan migren.
  17. Bisa mengubah lemak kolesterol menjadi energi.

Di anjurkan bagi yang ingin meminumnya adalah setelah bangun tidur sebelum makan. Untuk penyakit berat minum 3x sehari dan bisa juga diminum tiap hari.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus