Apa Perbedaan Antara Ubuntu dan Linux Mint?

Ubuntu dan Linux Mint adalah dua distribusi Linux desktop paling populer saat ini. Jika Anda ingin lebih tahu tentang Linux - atau Anda sudah menggunakan Ubuntu atau Mint - mungkin akan bertanya apa perbedaan dari keduanya. Linux Mint dan Ubuntu saling terkait - Mint didasarkan pada Ubuntu. Meskipun awalnya sangat mirip, Ubuntu dan Linux Mint telah menjadi distribusi Linux yang semakin berbeda dari waktu ke waktu.

Sejarah

Ubuntu dan distribusi Linux berisi perangkat lunak sumber terbuka (open source), sehingga siapa pun dapat memodifikasinya, merombak, dan menggulung versi mereka sendiri. Versi stabil pertama Linux Mint, "Barbara," dirilis pada tahun 2006. Barbara adalah sistem Ubuntu ringan yang disesuaikan dengan tema yang berbeda dan perangkat lunak standar yang sedikit berbeda.

Fitur utamanya yang membedakan adalah dimasukkannya perangkat lunak berpemilik seperti Flash dan Java, di samping codec yang dibebani paten untuk memutar MP3 dan jenis multimedia lainnya. Perangkat lunak ini termasuk dalam repositori Ubuntu, tetapi tidak termasuk dalam disk Ubuntu. Banyak pengguna menyukai Mint dari pada Ubuntu karena kemudahan menginstal sesuatu secara default.

Seiring waktu, Mint terus mengalami perbedaan dengan Ubuntu, menyesuaikan desktop dan termasuk menu utama dan alat konfigurasi. Mint masih didasarkan pada Ubuntu - dengan pengecualian Mint's Debian Edition, yang didasarkan pada Debian (Ubuntu sendiri sebenarnya didasarkan pada Debian).

Desktop

Ubuntu menyertakan desktop Unity secara default, meskipun Anda dapat menginstal berbagai macam desktop tambahan dari repositori Ubuntu dan third-party personal package archives (PPAs).

Rilis terbaru dari Mint hadir dalam dua versi yang berbeda: Cinnamon dan MATE. Cinnamon adalah desktop yang lebih berorientasi ke depan yang dibangun di atas teknologi baru tanpa membuang elemen desktop standar - misalnya, Cinnamon sebenarnya memiliki taskbar dan menu aplikasi yang tidak terlalu memakan banyak layar.

MATE adalah desktop lama GNOME 2 yang digunakan Ubuntu dan Linux Mint sebelumnya, dan berfungsi dengan cara yang sama.

Mint memiliki skema warna yang lebih ringan dan lebih terang. Tombol jendelanya juga berada di sisi kanan bar judul, bukan di sebelah kiri.

Software dan Codec

Mint masih menyertakan perangkat lunak berpemilik (seperti Flash) dan codec out-of-the-box, tetapi ini belum dapat membedakan. Versi terbaru dari Ubuntu memungkinkan Anda untuk mencentang Install this third-party software ketika instalasi dan secara otomatis akan menambahkan software dan codec.

Configurability

Mint menawarkan lebih banyak konfigurasi daripada Ubuntu out-of-the-box. Sedangkan Ubuntu's Unity hanya menyertakan beberapa opsi dalam versi terbaru Ubuntu, seluruh aplikasi pengaturan untuk mengkonfigurasi desktop Cinnamon.

Versi baru dari Mint, "Maya," juga termasuk MDM display manager, yang didasarkan pada Manajer Tampilan GNOME lama. Sedangkan Ubuntu tidak menyertakan alat konfigurasi grafis apa pun untuk menyesuaikan layar, Mint memiliki panel administrasi yang dapat menyesuaikan Layar Login.

Meskipun Ubuntu masih berbasis Linux, banyak bagian dari perangkat lunak Ubuntu tidak dapat dikonfigurasi. Sebagai contoh, desktop Unity Ubuntu memiliki pilihan sangat sedikit.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus