Perbedaan Xioami Mi 8, Mi 8 SE, dan Mi 8 Explorer Edition - pilih mana

Ketika Xiaomi merilis Mi 8 ada tiga varian jenis, dan ketiganya memiliki cukup banyak perbedaan walaupun banyak juga yang sama. Tiga itu diantaranya Mi 8 (standart), Mi 8 SE, dan Mi 8 Explorer Edition. Berikut rangkuman perbedaannya.

Perbedaan Desain dan Tampilan

Dari sisi desain ketiganya memiliki layar full view serta dilengkapi dengan Notch untuk tempat kamera dan lainnya. Jadi ketika dilihat tampak serupa. Akan tetapi di bagian belakan akan jauh berbeda.

Pada Mi 8 Explorer Edition memiliki body belakang yang transparan sehingga terlihatlah bagian dalam (komponen hardware-nya). Sedangkan Mi 8 dan Mi 8 SE tidak transparant.

Tapi dari berita yang ada komponen bagian belakang Mi 8 Explorer Edition yang terlihat ternyata palsu. Printed Circuit Board (PCB) yang terlihat hanya sebagai dekorasi pajangan. Sedangkan yang aslinya tersembunyi di dalam supaya lebih nyaman sehingga sistem pendingin bisa bekerja dengan baik.

Dalam penempatan Sensor Fingerprint untuk Mi 8 dan Mi 8 SE terletak di bagian belakang. Sedangkan Mi 8 Explorer Edition berbeda, karena belakangnya transparant jadi bagian tersebut tidak ada fingerprint. Tapi sensor fingerprint telah menyatu di layar bagian bawah, seperti di Vivo X21.

Untuk ukuran juga berbeda di mana Mi 8 SE memiliki ukuran 5.8 inch, sedangkan Mi 8 dan Mi 8 Explorer Edition agak lebih besar dengan ukuran 6.21 inch.

Perbedaan Kamera

Tetapi hanya memanfaatkan kamera seperti di banyakan smartphone android kelas menengah lainnya. Maka ini agak susah digunakan di kondisi gelap dan tentunya tidak aman untuk digunakan.

Sekarang dalam segi kamera, ketiganya mempunyai 3 kamera depan yang sama yaitu 20 MP. Untuk kamera belakangnya berbeda. Mi 8 dan Mi 8 Explorer Edition menggunakan dual kamera belakang 12 MP + 12 MP yang dilengkapi dengan 2x Optical Zoom. Sedangkan Mi 8 SE hanya menggunakan dual kamera 12 MP dan 5 MP tanpa Optical Zoom.

Lalu pada perbedaan Teknologi Face Unlock, yang ketiganya juga berbeda Mi 8 standart dilengkapi dengan sensor Infrared Face Unlock, ini memungkinkan untuk Unlock dalam kondisi terang maupun gelap. Akan tetapi tidak se-aman di Face ID di IPhone X maupun Iris Scanner di Samsung Galaxy.

Sedangkan Mi 8 Explorer Edition sudah mengunakan 3D Face Recognition, sama seperti di IPhone X yang tentunya lebih aman dari Mi 8 versi standart. Dan untuk Mi 8 SE tidak memiliki keduanya.

Perbedaan Spesifikasi Hardware dan Performa

Mi 8 Explorer Edition merupakan yang paling power full, dengan Snapdragon 845, 8GB RAM, dan 128GB Penyimpanan.

Lalu Mi 8 merupakan yang standart-nya, dengan Snapdragon 845, 6GB RAM, dan pilihan memory 64/128/256GB Penyimpanan.

Dan Mi 8 SE merupakan edisi murah, dengan Snapdragon 710, pilihan 4/6GB RAM, dan 64GB Penyimpanan. Dan smartphone edisi ini adalah yang pertama menggunakan CPU Snapdragon 710, yang tentunya juga menggunakan teknologi AL seperti Snapdragon 845.

Sistem Operasi (OS) di ketiganya sama-sama menggunakan MIUI 10 berbasis Android Oero, Dual Nano SIM, USB type C, dan sama-sama tidak dilengkapi dengan Audio Jack.

Hasil Antutu Benchmark — Dari ketiganya menunjukkan hasil performa yang sangat bagus. Mi 8 Standart dan Mi 8 Explorer Edition meraih score tertinggi dalam Antutu Benchmark yaitu 301.472. Sedangkan Mi 8, karena menggunakan Snapdragon 710 hanya meraih score 174.333. Tapi itu sudah bisa menyalip Mi 5.

Perbedaan Baterai

Sekarang untuk baterai ada perbedaan di antara ketiganya. Mi 8 Explorer Edition edisi yang power full menggunakan baterai yang paling kecil diantara ketiganya, yang hanya 3000 mAh. Disertakan juga dukungan Qualcomm Quick Charge 4+. Mungkin karena memiliki komponen yang lebih banyak dan kompleks, salah satunya fingerprint reader di layar yang menyebabkan ukuran baterai yang paling kecil.

Sedangkan Mi 8 tandart menggunakan 3400 mAh – yang paling besar dan juga mendukung Qualcomm Quick Charge 4+. Dan untuk Mi 8 SE hanya menggunakan 3120 mAh serta hanya menggunakan Qualcomm Quick Charge 3.

Yang terakhir tentunya ialah harga yang jelas berbeda. Mi 8 standart dijual dengan harga 5.9 Jutaan. Mi 8 Explorer Edition seharga 8.1 Jutaan. Dan yang paling murah, Mi 8 SE cuman 4 Jutaan. Itulah bedanya ketiga varian dari Mi 8, sekarang mau pilih mana?

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus