Tips Mudah & Ringan Mengatasi Mabuk saat Perjalanan

Suatu masalah yang sering muncul pada sebagian orang ketika melakukan perjalanan jauh yaitu masalah mabuk saat perjalanan, baik naik bus maupun pesawat. Biasanya akan merasakan mual-mual, pusing, dan uring-uringan karena gak betah lama-lama di kendaraan. Padahal perjalanan masih panjang.

Sebenarnya apa sih penyebab orang mabuk saat perjalanan. Ada yang bilang karena masuk angin dan ada juga yang katanya karena belum makan. Tapi mana yang benar? mungkin sih keduanya.

Tetapi Mabuk bisa terjadi karena posisi Anda yang hanya duduk diam di kendaraan. Sementara Anda melihat benda di sekitarnya bergerak. Lalu otak mengirim sinyal pusing dan mual pada tubuh. Nah bisa jadi menyebabkan mabuk di selama perjalanan. Bisa dibilang penyebab mabuk berawal dari perasaan atau sugesti.

Ketika perjalanan usahakan untuk tenang, jangan takut kalau nanti akan mabuk. Karena itu juga bisa memicu terjadinya rasa tidak enak pada perut. Dan lama-kelamaan akan memicu terjadinya muntah. Jadi rileks aja atau bisa juga dengan tidur.

Tips mengatasi mabuk saat perjalanan mudik yang salah satunya ialah makan permen. Tapi maksudnya permen itu bukan permen biasa dan beda dari dari yang lain loh. Permen ini bisa dibilang permen anti mabuk alami – 😅.

Permen itu ialah "permen Antangin". Permen ini bisa bisa buat menyembuhkan orang sakit, misalnya masuk angin dan membantu orang yang mabuk saat perjalanan. Karena khasiat dari daun mint yang ampuh mengusir rasa mual dan pusing.

Karena rasa (udara) ketika di dalam kendaraan dengan yang di luar kendaraan berbeda. Permen ini juga memiliki rasa yang berbeda-beda; ada rasa teh jahe original, teh jahe bandrek, mocca mint, honey mint, dan barley mint. Dengan rasa yang tentunya enak serta hangat dan sejuk tersebut bisa mengatasi hawa akan mau mabuk di kendaraan.

Ketika mesin dinyalakan akan menyebabkan getaran pada kendaraan dan sampai sampai ke tempat duduk. Lalu ketika duduk tanpa disadari, juga akan menyebabkan tubuh bergetar dan isi perut akan seperti terasa di aduk. Sehingga lama kelamaan akan menyebabkan mual dan muntah.

Maka satu lagi tips agar tidak mabuk dalam perjalanan yaitu jangan duduk langsung ke tempat duduk. Maksudnya di sini ialah memisahkan antara pantat dengan tempat duduk. Di dalam kendaraan biasanya saya menekuk kedua kaki dan menjadikannya sebagai tumpuan duduk.

Tapi ini bisa menyebabkan kaki lama kelamaan akan terasa sakit dan pegal. Maka Anda bisa menggantinya dengan yang lain seperti bantal.

Yang tidak kalah penting ialah menjaga apa yang dimakan ketika mau akan perjalanan lebih-lebih saat perjalanan. Tapi makanan dan minuman berikut dapat mencegah mabuk ketika perjalanan diantaranya; Buah Pisang, Air Kelapa, Jahe, Jus Jeruk, dan Madu dengan Air lemon.

Itulah tips untuk mencegah mabuk perjalanan. Jika berhasil, itu akan lebih baik dari pada mengkonsumsi obat mabuk perjalanan paling ampuh sekali pun. Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus