4 Tips Terbaik Menghemat Baterai Samsung Galaxy

Banyak smartphone yang menawarkan lebih banyak fitur media kepada pengguna, seperti pemutaran video, streaming TV, internet cepat, dan game canggih. Baterai smartphone tidak pernah tahan lama. Berikut ini beberapa cara sederhana untuk memastikan bahwa baterai di telepon Samsung Galaxy Anda tahan sepanjang hari.

Catatan: Meskipun petunjuk di bawah ini khusus untuk ponsel Samsung Galaxy, mungkin juga masih berlaku untuk ponsel Android lainnya termasuk yang dibuat oleh Huawei, Xiaomi, Google, dll.

Redupkan Layar

Salah satu cara tercepat dan termudah untuk menghemat daya baterai adalah dengan menurunkan kecerahan lampu latar layar. Ada beberapa cara berbeda untuk melakukan ini. Buka Pengaturan > Tampilan > Kecerahan lalu atur/geser ke ke yang paling rendah. Mungkin juga Anda dapat mengakses kontrol kecerahan dari panel Pemberitahuan di ponsel Samsung Galaxy.

Anda juga akan melihat opsi Brightness Otomatis. Fungsinya untuk mengatur kecerahan layar secara otomatis menggunakan sensor cahaya ambient, jadi sistem android akan menyesuaikan secara ortomatis.

Gunakan Mode Hemat Daya

Disertakan fitur pada ponsel Android saat ini, termasuk Samsung Galaxy yaitu mode Power Saving. Ini termasuk membatasi kinerja maksimum CPU, mengurangi jumlah daya yang masuk ke layar dan mematikan Haptic Feedback atau vibrate (fungsi getar pada ponsel). Anda dapat memilih untuk mematikan ini dalam pengaturan.

Anda mungkin tidak ingin mengaktifkan semua fitur ini. Mungkin karena membatasi CPU, pasti akan mempengaruhi kecepatan respons ponsel android, tetapi bisa di aktifkan nanti setelah selesai menggunakan kinerja yang berat.

Matikan Koneksi

Jika baterai Anda tidak tahan satu hari penuh, pastikan untuk mematikan Wi-Fi atau Data ketika tidak membutuhkannya. Wi-Fi menggunakan lebih sedikit baterai daripada koneksi data, dan ketika Wi-Fi hidup, koneksi Data akan mati. Buka Pengaturan > Wi-Fi. Tekan tombol Menu lalu pilih Lanjutan. Buka menu Kebijakan Tidur Wi-Fi dan pilih Tidak Pernah.

Setelah GPS dihidupkan dapat menghabiskan baterai. Jika Anda menggunakan aplikasi yang membutuhkan akses Lokasi, tentu saja perlu mengaktifkan GPS. Ingatlah untuk mematikannya saat tidak menggunakannya. Matikan GPS bisa dengan tombol Pengaturan Cepat atau masuk ke Pengaturan > Layanan Lokasi.

Saat Anda berada di pengaturan Lokasi, pastikan bahwa Menggunakan Jaringan Nirkabel tidak dipilih jika Anda tidak menggunakan aplikasi yang mengandalkan lokasi. Pilihan ini menggunakan lebih sedikit baterai daripada GPS, tetapi juga lebih mudah untuk melupakannya dihidupkan.

Satu lagi pemborosan baterai yang paling disebabkan oleh Bluetooth. Ada banyak pengguna smartphone yang membiarkan Bluetooth berjalan sepanjang waktu. Bluetooth akan menghabiskan banyak daya baterai, meskipun sebenarnya tidak mengirim atau menerima file. Untuk mematikan Bluetooth, buka Pengaturan > Bluetooth. Atau dapat mengontrol Bluetooth dengan Pengaturan Cepat di Samsung Galaxy.

Hapus Beberapa Widget dan Aplikasi

Layar beranda yang diisi dengan widget dapat memiliki efek buruk pada masa pakai baterai, terutama jika widget menyediakan pembaruan konstan (seperti beberapa widget Twitter atau Facebook). Karena ini adalah panduan praktis untuk menghemat daya baterai, hapus widget yang ada pada layar beranda dan Anda akan melihat perbedaan.

Seperti halnya widget, periksa daftar aplikasi Anda dan hapus aplikasi yang tidak digunakan. Banyak aplikasi akan melakukan tugas (bekerja) di latar belakang, meskipun Anda tidak membukanya beberapa hari bahkan minggu.

Terutama aplikasi jejaring sosial karena ini biasanya dirancang untuk mencari pembaruan status secara otomatis.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus