Memulai Kembali Driver Graphics Card dengan Tombol Pintasan Windows

Windows memiliki pintasan keyboard rahasia (Hotkey) yang digunakan untuk merestart Kartu Grafis (Graphics Card). Jika PC Kamu pernah blank atau membeku, coba pintasan ini yang mungkin saja akan berguna. Jika berhasil tidak perlu harus me-restart-nya kan.

Pintasan ini akan memulai ulang subsistem Video Graphics pada Windows 10 dan Windows 8. Di versi sebelum itu (Windows 7), tidak ada pintasan keyboard untuk me-restart driver grafis.

Cara Restart Driver Grafis PC

Untuk me-restart driver grafis, tekan Win + Ctrl + Shift + B pada keyboard Anda. Layar akan menjadi hitam sebentar lalu akan muncul kembali. Semua aplikasi akan tetap terbuka.

Ini bisa juga dilakukan saat memainkan game dan permainan tetap berjalan dengan baik. Itu karena Windows hanya me-restart subsistem grafis. Semua aplikasi akan terus berjalan normal.

Pintasan keyboard ini adalah bagian dari sistem operasi Windows 10, sehingga akan me-restart driver grafis NVIDIA, AMD, dan Intel.

Cara Memulihkan Dari Blank atau Hang

Belumm tentu ini akan memperbaiki sistem yang blank. Namun, jika komputer Kamu blank karena ada masalah dengan driver grafis, pintasan ini dapat memperbaikinya.

Windows 10 menggunakan perangkat keras grafis untuk mempercepat gambar desktop dan bahkan browser web modern menggunakannya untuk mempercepat rendering halaman web.

Jika layar monitor hitam atau lebarnya tidak sesuai dengan monitor, Kamu bisa mencoba Ctrl + Alt + Delete setelah me-restart driver grafis Kamu. Kamu juga dapat mencoba menekan Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager secara langsung, atau tekan Alt + Tab atau Win + Tab untuk mencoba beralih aplikasi.

Jika komputer tidak merespons dengan salah satu pintasan keyboard ini, bahkan setelah me-restart driver grafisnya, mungkin harus melakukan shutdown secara paksa. Ingat! Bukan mencabut kabel daya, karena itu akan merusak hardware PC.

Untuk mematikan secara paksa yang benar, tekan tombol daya komputer dan tahan agak lama, sampai PC mati. Tunggu beberapa detik sebelum menyalakan PC kembali dengan tombol daya. Cara ini dilakukan hanya dalam kondisi terpaksa (seperti komputer yang hang/blank). Karena cara ini dapat merusak sistem operasi.

Jika melihat error dengan layar biru, pintasan ini tidak akan membantu. Layar biru menunjukkan bahwa sistem operasi Windows tidak berfungsi. Tapi jika terjadi error layar biru biasanya komputer akan memulai lagi (restart) – jika tidak matikan dan hidupkan PC secara manual.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus