Cara Copy Tabel sel Excel ke Presentasi PowerPoint

Terkadang Kamu ingin memasukkan data pada spreadsheet Excel ke dalam presentasi Microsoft PowerPoint. Kali ini berbeda, di mana data-nya tidak hanya berupa salinan saja, akan tetapi bisa di edit menggunakan Excel di PowerPoint. Ada beberapa cara untuk melakukannya, yaitu menghubungkan dan hanya menyalin saja.

Apa Perbedaan Antara Menghubungkan (Linking) dan Menyematkan (Embedding)?

Sebenarnya ada tiga opsi untuk menyertakan spreadsheet dalam presentasi PowerPoint. Yang pertama adalah hanya menyalin (copy) data dari spreadsheet, dan kemudian menempelkannya (paste) ke dokumen target. Akan tetapi setelah itu fitur Excel tidak dapat digunakan pada tabel yang telah di tempelkan (paste).

Mungkin opsi ini dapat bermanfaat, yaitu menautkan dan menyematkan — dan di sini akan membahas bagaimana caranya. Keduanya hampir sama, yang membuatnya berbeda terletak pada bagaimana cara kerjanya (terhubung ke Excel atau tidak).

  • Jika menautkan (link) lembar kerja Excel dalam presentasi, presentasi dan lembar Excel asli akan saling terhubung. Jadi jika data pada file Excel diubah (diperbarui), maka pembaruan tersebut secara otomatis juga akan mengubah data pada persentasi.
  • Jika menanamkan (embed) lembar kerja Excel dalam presentasi, maka tidak terhubung antara Excel dan presentasi. Jadi ketika File Excel asli diubah (diperbarui), maka data dalam persentasi tidak akan berubah.

Ada kelebihan untuk kedua metode tersebut. Kelebihan dari menghubungkan dokumen ialah dapat membuat ukuran file presentasi PowerPoint akan lebih kecil, karena sebagian besar data masih disimpan dalam lembar Excel, sementara di PowerPoint hanay menampilkan data-nya saja.

Kekurangannya adalah file Excel asli harus tetap berada di lokasi yang sama. Jika tidak, maka harus menghubungkan atau menautkannya lagi. Karena data yang ditampilkan itu tergantung pada file spreadsheet Excel yang asli.

Menanamkan data atau embed, dapat menambah ukuran presentasi, karena semua data Excel berada di dalam file PowerPoint. Namun, ada kegunaannya, yaitu tidak perlu terhubung dengan file Excel yang asli. Karena data Exel telah menjadi satu dengan presentasi.

Cara Menghubungkan atau Menanamkan Lembar Kerja Excel ke dalam Microsoft PowerPoint

Menghubungkan atau menanamkan lembar kerja Excel ke dalam presentasi PowerPoint sebenarnya cukup mudah, dan proses keduanya hampir sama. Mulai dengan membuka lembar kerja Excel dan presentasi PowerPoint yang ingin di edit pada saat yang bersamaan.

Pada Excel, pilih sel yang ingin Kamu tautkan atau sematkan. Salin sel-sel tersebut dengan menekan CTRL + C di Windows atau Command + C di macOS. Atau juga dapat mengklik kanan sel yang dipilih, lalu memilih opsi "Copy".

Kemudian, buka presentasi PowerPoint-mu dan klik untuk menempatkan titik penyisipan. Pada tab Home, lalu klik panah bawah di bawah tombol “Paste”, lalu pilih “Paste Special”.

Akan muncul jendela. Untuk menanamkan spreadsheet Excel, pilih opsi "Paste" (di sebelah kiri). Jika ingin terhubung dengan spreadsheet Excel, pilih opsi "Paste Link".

Di kotak di sebelah kanan pilih "Microsoft Excel Worksheet Object", dan kemudian klik tombol "OK".

Dan Kamu akan melihat lembar kerja Excel (sel yang Kamu pilih) di presentasi PowerPoint. Kamu bisa klik dua kali pada tabel yang telah di paste untuk mengedit data Excel.

Jika Kamu menautkan atau menghubungkan (Link) data ke Microsoft Excel, maka proses pengeditan tidak secara langsung di PowerPoint, tetapi nanti akan membuka file spreadsheet exel yang asli di microsoft Excel. Setiap pembaruan yang Kamu buat ke spreadsheet asli tersebut kemudian tercermin ke dalam presentasi PowerPoint.

Jika Kamu menyematkan data Excel, pengeditan akan berlangsung di PowerPoint. Setelah klik dua kali Kamu akan tetap berada di jendela PowerPoint, tetapi kontrol PowerPoint akan digantikan dengan kontrol Excel dan dapat mengakses semua fungsi Excel.

Ketika ingin berhenti mengedit spreadsheet dan kembali ke kontrol PowerPoint, cukup klik di mana saja di luar spreadsheet.

Paste Spesial ini tidak hanya di powerpoint saja, tapi juga bisa diterapkan di Microsoft Word. Dan cara menggunakannya pun sama.

Sekian dari saya semoga ini dapat bermanfaat

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus