Mengatasi & Memperbaiki Microsoft Edge yang Error dengan Reset

Microsoft Edge merupakan browser pengganti Internet Explorer sebagai default. Browser ini juga bagus dan tidak kalah dengan yang lain (dengan keunggulannya) – diantaranya ringan, cepat, hemat baterai dan keamanan yang baik.

Walaupun begitu mungkin ada juga yang merasa bahwa browser Edge ini tidak bekerja dengan baik seperti dulu, misalnya menjadi terasa lambat, Error atau crash dan lainnya. Jika sudah begitu, Reset bisa mengembalikan keadaan Microsoft Edge seperti awal-awalnya dulu.

Di Windows 10 versi terbaru Microsoft mengimplementasikan fitur baru yang berguna untuk memperbaiki Microsoft Edge.

Cara Reset Microsoft Edge

1. Pertama buka menu Settings – dengan klik Start > pilih roda gerigi – atau bisa menekan tombol keyboard Windows + I.

2. Setelah itu menuju ke Apps > Apps & features.

3. Lalu akan muncul daftar Aplikasi yang ada di Windows 10. Gulir ke bawah dan cari dan klik Microsoft Edge, kemudian klik Advanced options.

4. Selanjutnya, gulir ke bawah hingga muncul menu Reset. Di menu ini ada tombol pilihan, yaitu Repair dan Reset.

  • Repair: Berguna untuk memperbaiki masalah yang menyebabkan Microsoft Edge tidak berfungsi dengan baik atau perbaikan komponen. Ini tidak akan menghapus data (pengaturan dan browsing).
  • Reset: Berguna untuk memperbaiki masalah yang menyebabkan Microsoft Edge tidak berfungsi dengan baik. Dan ini akan menghapus data (pengaturan dan browsing) yang telah tersimpan. Intinya akan dikembalikan seperti semula (baru).

5. Klik dan pilih Reset untuk mengatur kembali Microsoft Edge. Dan muncul pop-up peringatan, klik Reset lagi untuk melanjutkan proses.

6. Proses akan berjalan beberapa saat, setelah itu jendela Settings bisa Kamu tutup.

Cara ini bisa menjadi troubleshooting jika Kamu mengalami masalah/error pada Microsoft Edge.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus