Aplikasi Pemutar Video Terbaik untuk Windows

Di setiap OS Windows laptop atau komputer pasti sudah bisa untuk membuka dan memutar video dengan aplikasi bawaannya. Tapi aplikasi bawaan Windows itu terasa kurang nyaman, atau ada beberapa format yang tidak di dukungnya.

Dengan menggunakan Aplikasi atau Software pihak ketiga (tambahan) Kamu dapat membuka dan memutar video dengan fitur lebih. Berikut beberapa Aplikasinya, dan Kamu dapat memilih pemutar video yang bagus dan terbaik untuk PC Windows-mu.

Windows 10: Movies & TV

Sebelum membahas Aplikasi pemutar video pihak ketiga, akan membahas dulu Aplikasi Film & TV yang hadir di Windows 10. Ini adalah pemutar video yang handal, memiliki dukungan cukup bagus untuk berbagai format video, tetapi dukungan-nya tidak seluas aplikasi pihak ketiga. Dan juga tidak mendukung banyak fitur lanjutan.

Karena terintegrasi dengan baik di Windows 10, aplikasi Film & TV cenderung jauh lebih hemat baterai daripada pemutar video pihak ketiga. Pastinya cocok digunakan untuk laptop untuk menghemat baterai.

Fitur Lengkap: VLC Player

VLC Player adalah salah satu pemutar video populer dan serbaguna. Ini gratis, bersifat open-source — tidak hanya Windows tetapi tersedia juga untuk platform lain (Mac, Linux, Android, dan iOS).

VLC mendukung semua format video, termasuk juga dukungan untuk video 8K, video 360, dan HDR. VLC juga mendukung filter audio dan video, dukungan subtitle, sinkronisasi audio, dan banyak fitur lainnya.

Kamu dapat menggunakan VLC media player untuk memutar video yang disimpan secara lokal, DVD, Blu-Rays, dan dalam jaringan. Serta dapat menyesuaikan antarmuka dan menambahkan fitur baru dengan berbagai macam plugin yang tersedia.

Menarik: Pot Player

Pot Player adalah pesaing VLC tidak hanya daftar fiturnya saja, tetapi juga antarmuka penggunanya.

Kamu akan melihat perbedaan saat membuka video apa pun. Pot Player secara otomatis mendeteksi semua file lain di direktori dan membuat daftar putar sementara.

Di fitur bagian depan, Pot Player juga mendukung semua format file baru, serta dengan pembaruan rutin – ketersediaan dukungan format baru dengan cepat. Kamu juga dapat menggunakan kontrol video untuk mengatur pemutaran video dan audio.

Kekurangan dari Pot Player adalah beberapa format file tidak bermain kembali tajam, dan beberapa video bit-rate tinggi mungkin akan ada beberapa lag. Akan tetapi, Pot Player adalah pemutar video yang user-friendly.

Paling Ringan: Media Player Classic – Home Cinema

Media Player Classic – Home Cinema (MPC-HC) tidak termasuk pemutar video yang canggih. Bahkan tampilan yang digunakan terlihat klasik. Akan tetapi ini adalah pemutar video yang sangat ringan yang masih mendukung sebagian besar format file modern. Karena ukurannya yang kecil, Kamu dapat menggunakan MPC-HC dengan lancar pada komputer lama atau yang spesifikasinya rendah.

Jadi, jika Kamu ingin menggunakan aplikasi pemutar video paling ringan maka MPC-HC adalah pilihan yang sangat baik.

Dukungan DLNA dan AirPlay: 5KPlayer

5KPlayer tidak memiliki antarmuka yang smooth (halus), tetapi memiliki banyak fitur menarik. Dapat memutar DVD dan file media lokal dengan mudah dan mendukung sebagian besar format modern. Namun, tidak ada fitur peningkatan video. Yang dapat Kamu lakukan hanyalah mengaktifkan atau menonaktifkan track audio dan subtitle.

Namun, yang membuat 5KPlayer unik adalah dukungan DLNA dan AirPlay bawaannya. Dengan menggunakan teknologi ini, Kamu dapat secara wireless/nirkabel membuka musik dan video ke perangkat yang kompatibel dengan mudah. Dan plug-in memungkinkan Kamu menambahkan dukungan semacam ini ke yang lainnya seperti VLC.

Kamu dapat mengunduh video dari situs yang didukung menggunakan alat download bawaan. Yang harus dilakukan adalah memasukkan alamat URL tempat video dihosting, dan 5KPlayer akan menganalisis dan menentukan apakah video itu dapat diunduh.

Fitur lain yang cukup bagus di 5KPlayer adalah dukungannya untuk radio online. Dengan memasukkan URL, dan 5KPlayer akan memutarnya. Meskipun Kamu bisa mendapatkan plugin untuk melakukan di pemutar video lainnya, antarmuka sederhana 5KPlayer membuatnya lebih mudah.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus