Mengatasi Samsung S9 yang Tidak Terdaftar di Jaringan

Galaxy S9 dan S9 + adalah flagships terbaru dari Samsung. Tidak ada ketenaran seperti Galaxy S8 karena tidak banyak fitur baru di dalamnya dan desainnya hampir sama dengan Galaxy S8. Hanya bezel yang tipis.

Namun, Samsung terkenal karena kualitas dan ketahanannya membangun smartphone. Samsung memproduksi smartphone dengan perangkat keras berkualitas tinggi sehingga meskipun menggunakan produk lama, Samsung masih akan berfungsi dengan baik tanpa masalah hardware.

Tapi salah satu hal yang tidak dimiliki Samsung adalah efisiensi Perangkat Lunak. Jika Kamu baru saja membeli Samsung Galaxy S9. Mungkin akan muncul masalah umum "Galaxy S9 Not Registered on Network" – Jaringan Tidak Terdaftar.

Memperbaiki Galaxy S9 Not Tidak Terdaftar di Jaringan

Kesalahan ini umum terjadi pada perangkat Samsung Galaxy. Di mana hp samsung tidak dapat terhubung ke jaringan, sehingga tidak muncul sinyal.

Kesalahan umum lainnya adalah Galaxy S9 + internal error 11. Keduanya dapat diselesaikan dengan metode ini. Sering kali kesalahan terjadi ketika Kamu mencoba melakukan panggilan atau mengirim pesan.

Memperbaiki HP Samsung yang Error Not Registered on Network

Ada beberapa solusi untuk kesalahan ini. Solusi pertama yang perlu dilakukan adalah menyalakan mode Airplane dari ponsel. Setelah beberapa detik matikan lagi. Lalu coba lakukan panggilan. Apakah masih kesalahan?.

Setiap ada kesalahan ini atau Error Internal 407. Cukup aktifkan mode pesawat (tunggu sesaat) dan matikan kembali. Error akan hilang dan Kamu dapat mengirim pesan dan melakukan panggilan.

Jika perbaikan di atas tidak berhasil maka solusi selanjutnya ialah mereset (mengatur ulang) pengaturan jaringan. Kemungkinan besar ada yang salah dengan pengaturan jaringan Galaxy S9 Kamu. Dan perlu diketahui bahwa ini akan menghapus semua kata sandi WiFi yang tersimpan dan semua pengaturan data seluler dari telepon Kamu.

Sekarang cara me-reset pengaturan jaringan untuk memperbaiki Galaxy S9 yang tidak terdaftar pada Jaringan, berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama-tama buka menu Pengaturan atau Settings.
  2. Pada Pengaturan dan cari dan buka "Tentang perangkat" atau "About device".
  3. Lalu akan ada opsi, pilih Setel ulang atau Reset.
  4. Di menu Reset, cari Atur ulang jaringan / Reset Network Settings.
  5. Berikan izin untuk mengatur ulang pengaturan jaringan Galaxy S9 atau S9+ milikmu.
  6. Setelah selesai. Nyalakan ulang (restart) Smartphone-mu.

Ini akan menyelesaikan semua masalah jaringan telepon. Jika ponsel Kamu tetap masih tidak berfungsi dengan baik untuk melakukan panggilan atau mengirim pesan, masih tidak terdaftar di jaringan, maka opsi satu-satunya (terakhir) adalah menghapus partisi cache.

Hapus partisi Cache untuk memperbaiki Galaxy S9 not Registered on Network

Apakah menghapus partisi cache ponsel akan kehilangan semua data yang ada?.

Pertama-tama, membersihkan partisi cache tidak menghapus salah satu data pengguna. Ini hanya menghapus cache yang disimpan setelah menggunakan aplikasi atau fitur tertentu supaya loading lebih cepat di waktu berikutnya.

Ada kalanya cache ini rusak dan menjadi alasan kenapa ponsel Kamu tidak berfungsi dengan baik. Jadi membersihkan cache sesekali itu baik untuk kinerja ponsel.

Berikut Langkah-langkah cara menghapus cache Galaxy S9 atau S9+:

Pertama-tama, matikan Galaxy S9. Lalu masuk ke menu pemulihan menggunakan kombinasi tombol, dengan menekan Power + Bixby + Volume atas. Kemudian lepas tombol Power saat ponsel menyala. Sambil terus menekan dua tombol Bixby dan Volume atas, sampai melihat layar biru dan gambar Android.

Di menu Recovery, pilih Wipe Cache Partition. Gunakan tombol volume untuk memindah opsi dan tombol daya memilih (eksekusi).

Setelah proses membersihkan cache selesai, di bawah ada log catatan proses. Jangan me-restart ponselmu (atau mematikan telepon) saat proses pembersihan cache berjalan.

Setelah selesai membersihkan cache, pilih opsi "Reboot System Now" untuk me-restart system (dan boot ke Android).

Cek apakah kesalahan error masih ada atau tidak. Jika masih mengalami error "Jaringan Tidak Terdaftar", maka cara terakhir ialah melakukan reset pabrik atau flash firmware pada Galaxy S9, di menu recovery disebut factory reset. Setelah reset ke pabrik semua data di smartphone-mu akan hilang dan Android dalam keadaan baru.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus