Apa itu Sistem Operasi? dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Sistem operasi atau dalam bahasa inggrisnya Operating System adalah perangkat lunak (software) utama yang mengatur semua perangkat keras dan perangkat lunak lainnya di komputer. Ini dikenal dengan "OS".

Apa yang Dilakukan Sistem Operasi?

Sistem operasi berkomunikasi dengan perangkat keras (hardware). OS menangani semuanya dari keyboard dan mouse, perangkat penyimpanan, dan layar. Dengan kata lain, sistem operasi menangani perangkat input dan output. Sistem operasi menggunakan driver perangkat dari pembuat perangkat keras untuk berkomunikasi dengan perangkatnya.

Sistem operasi juga mencakup banyak perangkat lunak — seperti layanan sistem umum, pustaka, dan antarmuka pemrograman aplikasi (API) yang digunakan pengembang untuk membuat program berjalan di sistem operasi.

Sistem operasi menggunakan driver perangkat keras sebagai komunikasi dengan perangkat keras. Contoh, aplikasi akan mencetak dokumen, ia menyerahkan tugas itu ke sistem operasi. Sistem operasi mengirimkan instruksi ke printer, menggunakan driver printer untuk mengirim sinyal yang benar. Intinya OS berguna sebagai penghubung.

Sistem operasi mengontrol proses yang berjalan, dan mengalokasikannya di antara CPU yang berbeda. Ini juga mengatur memori internal sistem, mengalokasikan memori antara aplikasi yang sedang berjalan.

Sistem Operasi Tidak Hanya untuk PC

Ponsel cerdas atau Smartphone adalah komputer, seperti tablet, smart TV, jam tangan cerdas (smart watches), dan router Wi-Fi.

Sistem operasi desktop yang populer ialah Microsoft Windows, Apple macOS, Linux Google, dan Chrome OS. Sistem operasi smartphone yang populer diantaranya Android Google dan iOS Apple.

Perangkat lain, seperti router Wi-Fi menjalankan "sistem operasi bawaan". Yang merupakan sistem operasi khusus dengan fungsi yang lebih sedikit daripada sistem operasi biasa, dirancang khusus untuk satu tugas.

Sistem operasi dibuat dari berbagai aplikasi dan proses. Misalnya pada Windows, aplikasi File Explorer (atau Windows Explorer) merupakan bagian penting dari sistem operasi Windows — dan aplikasi yang berjalan pada sistem operasi.

Inti dari Sistem Operasi adalah Kernel

Pada tingkat rendah, "kernel" merupakan program komputer inti atau jantung sistem operasi. Kernel adalah hal pertama yang dimuat ketika sistem operasi dijalankan. Ini akan mengalokasikan memori, mengubah fungsi perangkat lunak menjadi instruksi untuk CPU komputer, dan menangani input dan output dari perangkat keras.

Kernel umumnya dijalankan secara tersembunyi, tujuannya untuk mencegah supaya tidak dirusak oleh perangkat lunak lain di komputer.

Apa Perbedaan Antara Firmware dan OS?

Banyak perangkat hanya menjalankan "firmware" — sebuah jenis perangkat lunak tingkat rendah yang diprogram langsung ke dalam memori perangkat keras. Firmware tidak berukuran besar, ini dirancang untuk melakukan pengoperasian dasar-dasar.

Ketika komputer modern dinyalakan (melakukan boot), ia akan memuat firmware UEFI dari motherboard. Firmware ini adalah perangkat lunak tingkat rendah yang dengan cepat menginisialisasi perangkat keras komputer Anda.

Lalu kemudian mem-boot sistem operasi dari solid-state drive atau hard drive komputer. (Solid-state drive atau hard drive memiliki firmware internal sendiri, yang menangani penyimpanan data pada sektor fisik di dalam drive.).

Sistem operasi yang berinteraksi dengan beberapa perangkat keras, melayani program, dan mengalokasikan sumber daya antar aplikasi. Namun, firmware yang sangat mendasar, dan firmware tidak disebut sistem operasi.

Mungkin kebanyakan orang tidak perlu memahami apa sebenarnya sistem operasi itu. Tapi mungkin saja informasi ini dapat memberikan bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus