Fitur Baru Windows 10 October 2018 Update

Windows 10 Oktober 2018 Update, juga dikenal sebagai versi 1809 dan kode nama Redstone 5. Pembaruan besar ini mencakup riwayat clipboard yang menghubungkan antara perangkat dan tema gelap untuk File Explorer.

Sinkronisasi Clipboard

Windows 10 Oktober 2018 Update mendapat beberapa fitur Clipboard baru. Sekarang ada riwayat clipboard yang di akses dengan menekan Windows + V dapat menyinkronkan riwayat yang di copy/salin ke perangkat lain. Bisa juga menyinkronkan secara manual dengan mengklik ikon di pop-up clipboard, mencegah Windows menyinkronkan data yang sensitif seperti kata sandi dan nomor kartu kredit.

Kemungkinan di masa mendatang, Microsoft akan menambahkan dukungan untuk papan klip cloud ke keyboard SwiftKey untuk Android, iPhone, dan iPad.

Dark Mode untuk File Explorer

Windows 10 sekarang mendapatkan tema gelap untuk File Explorer. Ini diaktifkan secara otomatis jika Kamu mengaktifkan tema gelap sistem melalui Settings > Personalization > Color.

Microsoft juga menambahkan dukungan tema gelap ke konteks menu File Explorer, termasuk menu konteks yang muncul ketika mengklik kanan desktop.

SwiftKey Hadir ke Windows 10

Microsoft membeli keyboard SwiftKey pada tahun 2016. SwiftKey masih tersedia untuk ponsel Android, iPhone, dan iPad, dan sekarang hadir di Windows 10.

Built-in touch keyboard sekarang didukung oleh SwiftKey. Saat ini, ini hanya tersedia ketika mengetik dalam beber.

Microsoft mengatakan, SwiftKey memberi koreksi dan prediksi yang lebih akurat dengan mempelajari gaya penulisan. Ini juga menawarkan dukungan swipe-to-type, memungkinkan mengetik dengan menggesekkan jari dari huruf ke huruf.

Aplikasi "Your Phone" untuk Pengguna Android dan iPhone

Windows 10 sekarang menyertakan aplikasi "Your Phone" yang akan membawa fitur integrasi smartphone Windows 10 bersama-sama dan membuatnya lebih mudah untuk diatur. Microsoft bahkan menempatkan pintasan ke aplikasi ini di desktop default.

Untuk pengguna ponsel Android yang menjalankan Android 7.0 atau yang lebih baru, aplikasi Your Phone memberi akses cepat foto dari ponsel Android di PC. Di masa depan, rencana Microsoft selanjutja juga akan menambahkan fitur untuk menyinkronkan pemberitahuan dan pesan teks dari ponsel Android.

"Sets" Fitur Tab ke Setiap Aplikasi

Fitur Sets baru adalah perubahan paling signifikan dalam Insider builds Redstone 5. Hampir setiap jendela di desktop sekarang memiliki tab bar, dan bisa menggabungkan tab dari berbagai aplikasi di jendela yang sama.

Tidak hanya untuk File Explorer saja, fitur Sets juga bisa untuk aplikasi lain seperti Microsoft Word, halaman web Microsoft Edge. Menyeret tab di antara jendela, dan pintasan keyboard seperti Ctrl + Windows + Tab untuk beralih.

Aplikasi desktop yang memiliki baris judul sendiri tidak mendukung Set. Misalnya, aplikasi seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, iTunes, dan Steam.

Fitur ini dihapus dari build 17704, yang dirilis pada 27 Juni 2018. Katanya Microsoft akan menghadirkan pembaruan ini di masa mendatang.

Search Previews di Start Menu

Fitur pencarian Start menu, sekarang memiliki pratinjau pencarian. Ketika mulai mengetik untuk mencari sesuatu, Windows sekarang menampilkan panel pratinjau dengan lebih banyak informasi.

Misalnya, jika Start Menu tidak menemukan apa yang dicari di pc maka pencarian web akan ditampilkan, dan akan melihat hasil pencarian Bing di Start Menu .

Ketika mencari aplikasi, akan melihat tombol "Go To Download" di panel pratinjau pencarian akan membawa langsung ke halaman unduhannya.

Sebuah Utilitas Screenshot Baru

Windows 10 sekarang memiliki alat screenshot baru. dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar dari bagian layar, satu jendela, atau seluruh layar. Setelah mengambil tangkapan layar, alat Sketsa Layar baru memungkinkan Kamu mengedit (menambahkan/menggambar sesuatu) dan menambahkan anotasi, termasuk panah dan sorotan.

Untuk membukanya bisa menekan Windows + Shift + S. Namun, ada pengaturan pada Settings > Ease of Access > Keyboard dapat membukanya dengan menekan tombol Print Screen pada keyboard.

Microsoft belum menghapus Snipping Tool di Oktober 2018 Update, tetapi mungkin dihapus di versi Windows 10 berikutnya.

Pembaruan Browser Microsoft Edge

Menu Edge dan halaman Pengaturan telah didesain ulang. Menu baru memberikan perintah umum seperti tombol "Tab Baru" dan "Jendela Baru", dan halaman Pengaturan baru dipecah menjadi beberapa kategori.

Edge sekarang memiliki opsi "Media Autoplay" pada Settings > Advanced. Yang digunakan untuk mengontrol situs web mana yang diizinkan untuk memutar video secara otomatis. "Allow" adalah default, dan memungkinkan situs web memutar video saat dilihat tab. "Limit" membatasi situs yang memutar video. "Block" memblokir pemutaran otomatis video di situs.

Ada juga cara untuk mengontrol pemutaran otomatis pada situs tertentu. Edge juga telah diperbarui dengan lebih banyak sentuhan "desain fluent", dan fitur tab tweak memiliki efek baru.

Pengaturan HDR Mudah

Baru "Windows HD Color" yang tersedia di bawah Settings > System > Display. Ini memberi tahu apakah perangkat keras Anda kompatibel dengan konten high dynamic range(HDR) dan lebar warna (WCG). Fitur-fitur ini umum untuk higher-end 4K displays.

Selain memberikan informasi tentang kemampuan HDR dan WCG, ini memungkinkan Kamu mengonfigurasi fitur HDR pada sistem. Ini juga menunjukkan konten HDR, seperti foto, video, game, dan aplikasi.

Fitur-fitur ini hanya dapat digunakan jika memiliki layar dengan kemampuan HDR pada PC.

Perbaikan Mobile Broadband

Microsoft sedang bertransisi ke driver framework "Net Adapter" baru di Windows. Ini akan meningkatkan keandalan koneksi untuk PC dengan mobile broadband (LTE).

Driver baru ini sekarang menjadi driver default pada build 17677, meningkatkan cara Windows menangani koneksi Internet data seluler.

Untuk PC dengan koneksi data seluler, Settings > Network & Internet > Data usage sekarang menunjukkan jumlah data yang Kamu gunakan. Ini tidak memerlukan driver baru.

Perbatasan Jendela Tersembunyi dan Desain Akrilik Lainnya

Microsoft kini mengecilkan batas jendela Windows 10. Sekarang akan melihat batas-batas jendela abu-abu yang memudar ke dalam bayangan masing-masing jendela.

Perubahan visual ini merupakan bagian dari "fluent design" yang baru. Kamu akan melihat desain Fluent bergaya-akrilik di seluruh Windows, termasuk di aplikasi Keamanan Windows, di Timeline , dan bilah tab Set.

Windows Defender Menjadi Windows Security

Aplikasi Windows Defender Security Center namanya berganti menjadi "Windows Security".

Pada Windows Security > Virus & Threat Protection > Manage Settings, Kamu dapat mengaktifkan opsi "Block Suspicious Behaviors" ntuk memblokir perilaku yang mencurigakan. Microsoft mengatakan ini akan memungkinkan Windows Defender Exploit Guard membantu melindungi PC dari eksploitasi.

Instalasi Font untuk Semua Pengguna

Pembaruan Windows pada Windows 10 Oktober 2018 memberi semua orang kemampuan untuk menginstal font. Ketika mengklik kanan file font di File Explorer, dapat memilih "Install" untuk menginstalnya ke akun pengguna atau "Install for All Users" untuk menginstalnya ke semua pengguna pada sistem.

Detail Penggunaan Daya (Power Usage) di Task Manager

Ini dirancang untuk membantu memahami aplikasi dan layanan mana yang paling banyak mengonsumsi daya. Dengan memperhitungkan CPU, GPU, dan aktivitas penggunaan disk untuk memperkirakan seberapa banyak daya yang digunakan setiap proses.

Kolom "Power Usage" menunjukkan penggunaan daya proses saat ini. Kolom "Power Usage Trend" menunjukkan penggunaan daya selama dua menit terakhir sehingga dapat melihat proses yang menggunakan banyak daya, meskipun proses saat ini sedang tidak berjalan.

Ubah Teks menjadi Lebih Besar

Windows 10 memungkinkan untuk mengubah ukuran teks di seluruh sistem, termasuk di Start Menu, File Explorer, dan di Settings.

Caranya, buka Settings > Ease of Access > Display. Geser untuk sesuaikan teks ke ukuran yang diinginkan.

Update Windows Akan Memprediksi Waktu Terbaik untuk Restart

Windows 10 sekarang menggunakan pembelajaran mesin untuk menghindari restart PC saat sedang digunakan.

Windows 10 sekarang menggunakan model pembelajaran mesin untuk memprediksi waktu yang tepat me-restart PC. Ini dilakukan ketika Kamu tidak secara aktif menggunakannya.

Fitur Game Bar Baru

Game Bar bari ini menawarkan fitur visualisasi kinerja sehingga Kamu dapat melihat frame permainan per detik (frames per second – FPS), penggunaan CPU, penggunaan GPU VRAM, dan penggunaan RAM sistem dari waktu ke waktu.Ada juga tombol “Dedicate resources”. Ini memungkinkan opsi Game Mode baru yang akan meningkatkan kinerja permainan pada PC.

Membuka Game Bar dengan menekan Windows + G di mana saja, dan pintasan ke Game Bar juga tersedia di Start Menu.

Kontrol Proyeksi Nirkabel

Saat memproyeksikan layar secara nirkabel, Bar akan terlihat dibagian atas layar. Bar ini menunjukkan bahwa sekarang sedang terhubung dan mempermudah memutuskan atau menyambungkan kembali.

Emoji

Unicode 11 menyertakan 157 emoji baru, dan semuanya tersedia di Windows 10. Jika ingin mengetik emoji di aplikasi apa saja dengan tekan tombol Windows + ., dan panel emoji akan terbuka.

Email Mengabaikan Browser Pilihan dengan Default

Meskipun Mail menggunakan Edge secara default. Dengan klik ikon Setting di Mail, pilih "Reading Pane", dan kemudian ganti opsi "Open links in Microsoft Edge". Mail akan membuka tautan di browser web default, bukan lagi Edge.

Update Besar Skype

Aplikasi Skype for Windows 10 mendapat pembaruan besar, termasuk tema yang dapat disesuaikan, tata letak baru untuk kontak, dan kemampuan untuk menyesuaikan grup "canvas" panggilan, menyeret orang untuk memilih siapa yang terlihat di layar. Microsoft juga mempermudah untuk mulai membagikan layar selama panggilan.

Notepad Mendukung Linux dan Mac Line Endings

Pada Windows 10 Oktober 2018 Update Notepad telah mendukung karakter end of line (EOL) gaya UNIX. Secara khusus, Notepad sekarang mendukung line endings UNIX / Linux (LF) dan line endings Mac (CR.) Artinya Kamu dapat mengambil file teks yang dibuat di Linux atau Mac dan membukanya di Notepad — Yang sebelumnya, file akan terlihat semua menjadi satu, sekarang akan penggunaan baris baru!.

Banyak Perbaikan untuk Notepad

Notepad juga mendapatkan banyak fitur baru. Sekarang Notepad memiliki opsi "Wrap Around", memungkinkan untuk menemukan dan mengganti dalam seluruh dokumen.

Ada fitur zoom baru juga. Cukup klik View > Zoom dan gunakan opsi untuk memperbesar dan memperkecil. Dan juga dapat menahan Ctrl dan tekan tanda plus (+), tanda minus (-), atau tombol nol (0) untuk zoom default (mengatur ulang zomm). Serta juga dapat memutar roda mouse sambil menekan tombol Ctrl untuk memperbesar dan memperkecil.

Fitur lain yang berguna – nomor baris dan kolom, bilah status diaktifkan secara default, dan dukungan untuk pintas keyboard Ctrl + Backspace untuk menghapus kata-kata sebelumnya. Microsoft juga telah meningkatkan kinerja Notepad ketika membuka file besar.

Notepad juga mendapatkan fitur “Search with Bing”? Untuk menggunakannya, pilih beberapa teks dalam dokumen Notepad, lalu klik Edit > Search With Bing atau tekan Ctrl + B.

Salin dan Tempel Pintasan Keyboard untuk Bash

Subsistem Windows untuk Linux menjalankan Bash dan lingkungan shell Linux command-line lainnya berdasarkan distribusi Linux seperti Ubuntu, Fedora, openSUSE, dan Debian pada Windows. Jika menggunakan Bash pada Windows, Kamu mendapatkan fitur pintasan keyboard untuk salin dan tempel.

Anda sekarang dapat mengeklik kanan bilah judul jendela konsol dan memilih "Properti" untuk menemukan opsi yang memungkinkan Ctrl + Shift + C dan Ctrl + Shift + V untuk salin dan tempel . Pintasan keyboard ini dinonaktifkan secara default karena alasan kompatibilitas.

Pintasan keyboard ini tersedia di semua lingkungan konsol, pintas Ctrl + C dan Ctrl + V dipetakan ke fungsi lain dan tidak berfungsi seperti salin dan tempel.

Membuka Shell Linux Dari File Explorer

Sekarang dapat langsung meluncurkan shell Linux di folder tertentu dari File Explorer. Untuk melakukannya, tahan tombol Shift, lalu klik kanan folder di dalam File Explorer. Kamu akan melihat opsi "Open Linux shell here" di samping opsi "Open PowerShell window here".

Perbaikan Diagnostic Data Viewer

Ini harus diinstal melalui Microsoft Store, untuk menunjukkan apa diagnostik dan telemetri data Windows 10 yang dikirim ke server Microsoft.

Dalam pembaruan ini, Diagnostic Data Viewer sekarang menampilkan Laporan Masalah/Problem Reports. Informasi berupa kapan laporan masalah dibuat, saat dikirim, dan aplikasi apa yang menyebabkan masalah.

Aplikasi Diagnostic Data Viewer sekarang memiliki beberapa fitur pemfilteran tambahan yang dapat digunakan untuk menyortir data diagnostik.

Perbaikan Mode Kios

Ada setup wizard kiosk baru yang mempermudah mengatur PC. Buka Settings > Accounts > Family and Other Users dan cari "Set up a kiosk" untuk menggunakan pengalaman pengaturan baru.

Microsoft Edge sekarang mendukung mode Assigned Access kiosk. Misalnya, dalam mode membuka satu Aplikasi, Kamu dapat mengatur Edge untuk selalu menampilkan situs web tertentu dalam mode layar penuh atau menyiapkan mode penelusuran publik dengan fitur minimal.

Lebih Banyak Fitur dan Perubahan Menarik

Seperti biasa, Microsoft telah membuat beberapa perubahan kecil, perbaikan, dan perbaikan untuk Windows 10. Berikut adalah beberapa perbaikan menarik lainnya:.

  • Pengaturan Baterai Bluetooth: Melihat persentase baterai Bluetooth pada layar Settings > Devices > Bluetooth & Other Devices screen. Dan juga akan melihat pemberitahuan ketika ada perangkat yang baterainya rendah (akan habis).
  • Privacy Notifications: Mengatur notifikasi supaya tidak menngganggu pengguna..
  • Peningkatan Focus Assist: Sekarang aktif secara otomatis bekerja mengurangi gangguan.
  • Sesuaikan Video Berdasarkan Pencahayaan: Ada opsi "Adjust video based on lighting" baru di bawah Apps > Video Playback. Menyesuaikan pemutaran video agar lebih terlihat berdasarkan pencahayaan.
  • Perbaikan Storage Sense: Windows dapat secara otomatis menghapus OneDrive "file on demand" yang belum dibuka. Untuk mengaktifkan, buka Settings > System > Storage, enable Storage Sense, klik "Change how we free up space automatically", dan pilih kapan ingin menghapus file OneDrive "Locally available cloud content."Pengaturan Suara: Settings > Sound screen terdapat “Device properties” untuk mengganti nama perangkat suara dan memilih pengaturan suara spasial .
  • Dukungan Penyuntingan HEIF: Dapat memutar gambar HEIF dan mengedit metadata di File Explorer setelah menginstal dukungan HEIF melalui Store. Cukup klik kanan gambar, lalu pilih "Rotate right" atau "Rotate left" untuk memutarnya. Metadata tersedia dengan mengklik kanan gambar, memilih perintah “Properties”, dan klik tab Details.
  • Safe Removal untuk External GPUs: Menunjukkan perangkat keras yang memiliki pemrosesan grafis eksternal. Jika ada aplikasi menggunakan GPU dan tidak dapat dinonaktifkan dengan aman, akan ada peringatan aplikasi mana yang harus ditutup.
  • Pengaturan Pasca Pembaruan: Setelah memperbarui, sekarang akan melihat layar pengaturan baru yang memberikan informasi tentang fitur-fitur baru di Windows dan opsi yang mungkin ingin Kamu konfigurasikan.
  • Pengaturan Lokal: Menuju ke Settings > Time & Language > Region and override untuk mengatur seperti mata uang, kalender, hari pertama minggu, dan format tanggal.
  • Instalasi Paket Bahasa: Paket bahasa dari Store dapat di instal dengan menuju ke Settings > Time & Language > Language > Add a Windows Display Language With Local Experience Packs.
  • Cari di Kalender: Ditambahkan fitur pencarian untuk mencari acara di aplikasi Kalender. Perbaikan Inking: Panel tulisan tangan yang diperkenalkan pada pembaruan April 2018 sekarang adalah pengalaman default ketika menggunakan pena di aplikasi Universal Platform Platform modern.
  • Typing Insights: Windows menggunakan kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin (ML) untuk membantu melengkapi kata-kata secara otomatis dan mengoreksi ejaan. Informasi tentang ini ada di Settings > Devices > Typing > View Typing Insights.
  • Cortana Show Me: Microsoft memiliki aplikasi baru “ Cortana Show Me”.
  • Peningkatan Magnifier: Sekarang ada opsi di bawah Settings > Ease of Access > Magnifier untuk menjaga mouse tetap berada di tengah layar. Serta memiliki beberapa tingkat zoom baru dan dapat diperbesar hingga 5% atau 10%.
  • Peningkatan Narator: Narrator mengirim dengan layout keyboard baru yang dirancang untuk pengguna pembaca layar. Ini juga berisi banyak fitur baru, seperti kemampuan untuk mencari teks di layar menggunakan fitur Pencarian baru.
  • Narrator Quickstart: Ada tutorial "Quickstart" baru yang muncul saat memulai Narrator. Ini dirancang untuk mengajarkan dasar Narrator dengan cepat.
  • Peningkatan Mixed Reality: Fitur baru "Flashlight" yang memungkinkan mengganti kamera dari virtual ke tempat lingkungan (ruangan).

Perubahan Geek Lainnya

Berikut beberapa perbaikan lain yang hanya perlu diketahui oleh para geek (ahli komputer), pengembang, dan administrator sistem:

  • Firewall untuk Proses Linux: Windows Defender Firewall sekarang dapat mendefinisikan aturan firewall untuk setiap proses Windows Subsystem for Linux (WSL), seperti yang bisa dilakukan untuk proses Windows.
  • Perlindungan Proses untuk Perangkat Lunak Antivirus: Program antivirus sekarang harus menggunakan "protected process" untuk mendaftarkan diri Anti virus dengan Pusat Keamanan Windows.
  • Autocomplete Editor Registri: Saat mengetik di bilah alamat Editor Registri, Kamu akan melihat menu tarik-turun yang memberikan saran untuk membantu Anda menyelesaikan jalur yang Anda ketikkan. Anda juga dapat menekan Ctrl + Backspace untuk menghapus kata sebelumnya dan Ctrl + Delete untuk menghapus kata berikutnya.
  • Task Manager Memory Reporting: Di Task Manager, kolom "Memory" pada tab Proses tidak lagi menampilkan memori yang digunakan oleh aplikasi Universal Windows Platform (UWP).
  • Perbaikan Windows Defender Application Guard: Fitur WDAG yang memungkinkan pengguna PC Profesional dan Enterprise untuk menjalankan Microsoft Edge dalam virtual yang dilindungi telah diperbaiki.
  • Instalasi Microsoft WebDriver: Perangkat lunak Microsoft WebDriver untuk pengujian otomatis situs web di Microsoft Edge, sekarang diinstal melalui "feature on demand" sistem Windows 10. Buka Settings > Apps & Features > Manage Optional Features > Add a Feature to install it. Secara otomatis diinstal ketika Kamu mengaktifkan Mode Pengembang juga.
  • Instalasi RSAT: Remote Server Administration Tools tersedia sebagai "feature on demand". Ini mudah dipasang dari aplikasi Pengaturan dan secara otomatis akan selalu diperbarui oleh Windows.
  • Windows Hello untuk Remote Desktop: Pengguna Azure Active Directory dan Active Directory menggunakan Windows Hello for Business sekarang dapat menggunakan biometrik seperti sidik jari atau pengenalan wajah untuk mengotentikasi dengan koneksi Remote Desktop.
  • Kebijakan Grup Baru untuk Microsoft Edge: Administrator sistem dapat mengkonfigurasi berbagai kebijakan grup Microsoft Edge baru . Kebijakan baru dapat mengontrol mode layar penuh, mencetak, menyimpan riwayat browser, tombol beranda, dan apakah pengguna dapat mengganti kesalahan sertifikat keamanan.
  • Web Sign-in untuk Windows 10: Fitur baru "Web sign-in" tersedia untuk PC yang bergabung dengan Azure Active Directory. Dengan asumsi administrator telah mengaktifkan kebijakan grup, pengguna dapat memilih opsi "Web sign-in" pada layar masuk Windows dan masuk dengan penyedia federasi non-ADFS (misalnya, SAML).
  • Masuk Cepat untuk PC Bersama: Administrator opsi "Fast sign-in" yang dapat diaktifkan. Ini mempercepat proses masuk.

Dalam pembaruan berikutnya Microsoft tidak diberi nama kode Redstone 6 selama perkembangannya. Tapi ini akan disebut "Windows 19H1," yang berarti pembaruan pertama tahun 2019. Pembaruan mendatang akan diberi nama "19H2," "20H1," "20H2," dan seterusnya.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus