Cara Menonaktifkan Hyperlink Otomatis di Microsoft Word

Secara default, Microsoft Word 2016 dan 365 secara otomatis membuat hyperlink dari alamat web yang di ketikkan. Hyperlink akan membuat tulisan pada word berubah menjadi sebuah link, ciri-cirinya teks akan bergaris bawah dan warnanya menjadi biru.

Jika Kamu lebih suka Word tidak membuat hyperlink secara otomatis, Kamu dapat mematikan fungsi ini. Begini caranya.

Terkadang Kamu hanya ingin mengetikkan URL di dokumen, akan tetapi Word akan membuat hyperlink secara otomatis. Contohnya Kamu mengetikkan "www.google.com" dan setelah menekan spasi atau enter tiba-tiba warnanya berubah menjadi biru dan memiliki garis bawah. Tentu, Kamu dapat menghapus hyperlink tersebut secara manual.

Cara Agar Teks Url yang di ketikan dalam Word Tidak Berubah menjadi Link

Untuk mematikan hyperlink otomatis, alihkan ke menu “File”.

Di sisi kiri, pilih "Options" (yang paling bawah 😏).

Di jendela Word Options yang muncul, pada sisi kiri pindah ke kategori "Proofing". Lalu sisi kanan, cari bagian "AutoCorrect options" dan klik tombol "AutoCorrect Options...".

Di jendela AutoCorrect, Pilih ke tab "AutoFormat As You Type". Lalu di bagian "Replace As You Type", nonaktifkan (hilangkan centang) opsi "Internet and network paths with hyperlinks".

Klik "OK" di jendela AutoCorrect dan "OK" lagi untuk menutup jendela Word Options untuk menyimpan pengaturan baru.

Sekarang Auto Hyperlink sudah dalam keadaan Disable (mati), dan Word tidak akan lagi secara otomatis membuat hyperlink saat Kamu sedang mengetik atau menempel alamat web.

Jika Kamu ingin menghilangkan hyperlink yang telah dibuat, caranya Klik kanan teks yang memiliki hyperlink, kemudian Pilih opsi "Remove Hyperlink".

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus