Tanda Dehidrasi, Apa yang Terjadi jika Kekurangan Air

Tanda dehidrasi bisa dilihat pada warna urine, jika warnanya kuning tidak bening maka kamu sedang kekurangan cairan.

Namun tubuh yang menandakan dehidrasi tidak harus diketahui dengan warna urinenya saja. Akan tetapi napas, kondisi tubuh, suasana hati, dan ingin mengkonsumsi yang masin-manis bisa menjadi tanda bahwa tubuh membutuhkan cairan yang lebih banyak.

Napas Bau

Setiap saat air liur bekerja membersihkan sisa makanan yang ada pada gigi, gusi dan lidah.

Ketika mulut kering, sisa-sisa makanan dapat menyebabkan bakteri tumbuh dan berkembang, sehingga menimbulkan bau pada mulut. Karena itulah, diperlukan meminum air yang cukup untuk menjaga kelembapan pada mulut.

Mudah Marah & Kurang Konsentrasi

Sebuah penelitian di University of Connecticut’s Human Performance Laboratory melakukan tes pada suasana hati serta kemampuan berkonsentrasi kepada 25 perempuan. Tes di hari pertama para perempuan itu minum dengan cukup (tidak kekurangan air). Di hari kedua dan ketiga diuji untuk kekurangan air.

Ketika baru mengalami dehidrasi, para perempuan itu mulai kelelahan, sakit kepala, mudah marah, dan susah fokus (sulit Konsentrasi).

Dalam tes pada laki-laki yang dilakukan secara terpisah, hasilnya saat mengalami dehidrasi mereka juga kelelahan. Tetapi suasana hati laki-laki tidak seburuk seperti perempuan.

Tidak hanya kelelahan, dehidrasi juga dapat memengaruhi kemampuan kognitif, seperti kemampuan untuk berpikir jernih dan reaksi terhadap sesuatu.

Tidak Sanggup Olahraga

Dehidrasi dapat mengurangi tekanan darah serta membuat jantung bekerja lebih keras. Sehingga membuatnya tidak mampu berolahraga dengan baik.

Bahkan ketika telah kehilangan cairan sebanyak 2 hingga 3 persen dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas olahraga dengan baik.

Pusing ketika Berdiri dengan Cepat

Salah satu tanda dari dehidrasi ialah menurunnya volume dan tekanan darah. Hal ini bisa saja membuat pusing atau pingsan.

Itulah tanda jika tubuh mengalami kekurangan cairan. Semoga bermanfaat dan untuk menjaga dari dehidrasi jagalah selalu tubuhmu dengan mengkonsumsi air bening 😀 yang cukup.

Tidak harus air bening. Jika ingin air minum yang berasa kamu bisa membuat minuman rasa buah atau jus buah atau minuman berkarbonasi namun bebas kafein.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus