Cara Verifikasi Akun Google Adsense Terbaru

Syarat agar bisa menerima pembayaran Google Adsense adalah harus melakukan verifikasi identitas. Dan berikut pengalaman saya memverifikasi akun Google Adsense, serta langkah-langkah untuk Verifikasi PIN dan Identitas Google Adsense.

Awalnya untuk melakukan verifikasi Adsense hanya menggunakan Nomor Pengenal Pribadi dalam bahasa inggrisnya Personal Identification Number yang disingkat PIN.

Syarat untuk melakukan verifikasi identitas (Tanda Pengenal dan PIN) akun Adsense Anda harus memiliki saldo minimal (sudah melebihi) 10 dolar atau bisa dikatakan 10% dari ambang pembayaran. Dalam rupiah ambang pembayarannya ialah 1.300.000, maka 10 persennya ialah 130.000.

Jadi setelah semua saldo mencapai 130.000, Google akan mengirimkan Surat PIN ke rumah Anda melalui POS dengan alamat yang di cantumkan ketika pendaftaran. Itulah kenapa ketika Anda daftar Google Adsense diperlukan Nama dan alamat yang benar (sesuai dengan KTP) supaya pengiriman PIN lancar. Dan Anda juga akan menerima pemberitahuan pada akun adsense.

Lamanya sampai ke rumah tergantung dari lokasi dan kurir POS. Google sendiri menjelaskan kisaran 2 - 4 minggu atau 3 - 6 minggu atau lebih (tergantung lokasi alamat). Akan tetapi pengalaman saya satu bulan setelah PIN dikirim, PIN belum juga datang.

Akhirnya saya edit dan memperjelas informasi alamat rumah pada Informasi Adsense kemudian request/meminta PIN ke dua.

Akun Google Adsense Ditangguhkan Dan Iklan Tidak Muncul

Satu bulan lebih dua minggu mulai dari saat menyuruh verifikasi PIN atau dua minggu setelah meminta PIN ke dua, Google menangguhkan Akun Adsense saya karena belum verifikasi identitas, dan iklan pun tidak tampil. Waduh 😥😰 penghasilan terhambat. Mau bagaimana lagi, saya pun menunggu sampai Surat PIN datang.

Seminggu kemudian Surat PIN Google adsense sampai ke rumah dan ternyata yang datang itu merupakan PIN adsense yang pertama dikirim. Maka proses pengiriman Surat PIN Adsense sampai ke rumah itu lama (kurang lebih 1 bulan 3 minggu).

Lihat Galeri Foto

Cara Verifikasi PIN Akun Google Adsense

Setelah PIN Google Adsense datang didapatkan, maka selanjutnya ialah mengaktifkan Pembayaran Akun Google Adsense, berikut langkah-langkah nya. Sebelum Itu buka surat PIN Google Adsense. Setelah itu login adsense Anda.

Langkah mudahnya buka Dashboard Adsense dan kemudian gunakan widget seperti ini, Klik "VERIFIKAISKAN".

Setelah itu masukkan PIN Anda, jika benar akan muncul pernyataan hijau "PIN Benar". Dan tinggal refresh halaman.

Atau bisa juga dengan langkah-langkah yang ada surat PIN adsense.

Lanjut! Setelah itu saya refresh peringatan verifikasi masih ada masih ada (hanya suruh verifikasi pin saja yang hilang) dan iklan masih belum muncul. Ternyata PIN adsense yang datang belum menyelesaikan semuanya dan ternyata karena sekarang Google menggunakan foto tanda pengenal (SIM, KTP, atau Paspor) untuk Verifikasi Identitas.

Cara Verifikasi Identitas Google Adsense

Mulai pada tahun 2018 Google lebih memperketat aturannya lagi. Mungkin untuk mencegah penyalah gunaan Akun Adsense, seperti penjualan Akun dan lainnya. Yaitu melakukan verifikasi identitas dengan mengirimkan Foto Tanda Pengenal bisa SIM, KTP, atau Paspor (saya sendiri menggunakan KTP) yang ,asih berlaku.

Untuk memastikan proses verifikas berhasil, ambil foto tanda pengenal Anda dan pastikan

  • Foto Tanda Pengenal terlihat secara keseluruhan, jelas dan tidak kabur.
  • Jangan mengedit Foto, seperti melakukan crop terlebih dahulu.

Langkah pertama buka menu pembayaran, kemudian Klik peringatan "VERIFIKASI SEKARANG".

Setelah Klik "UNGGAH ID FOTO" dan pilih file foto identitas yang telah di ambil. Awas jangan keliru, karena jika keliru menguploud file selain tanda pengenal dapat mengakibatkan penangguhan akun 😄😄.

Pada halaman "Verifikasi Identitas Anda" scroll tidak berfungsi sehingga bagian bawahnya tidak kelihatan. Maka Anda bisa memperkecil tampilan dengan cara tekan CTRL sambil memutar scroll pada mouse.

Lalu Klik ikon pensil untuk memastikan Informasi yang ada pada akun dengan KTP sama. Jika ada kesalahan edit informasinya. Setelah data sama Klik "KONFIRMASI INFORMASI".

Pengalaman: saya mendapatkan email bahwa dokumen tidak sama dengan nama pada profil. Apakah itu karena KTP Saya menggunakan tanda titik setelah nama, sedangkan pada akun Adsense saya tidak menggunakan tanda titik setelah nama.

Dugaan saya benar, setelah konfirmasi lagi dengan foto yang sama dan nama Akun yang telah diberi titik setelahnya. Saya mendapatkan Email Google AdSense: Verifikasi identitas berhasil.

Padahal itu merupakan hal kecil. Apakah kemungkinan Google menggunakan boot AL untuk proses verifikasi.

Itulah pengalaman saya tentang verifikasi Google Adsense, serta cara verifikasi PIN dan foto KTP di Google Adsense. Semoga Bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus