Apa itu File XLSX (dan Bagaimana Membukanya)?

File dengan ekstensi file .xlsx adalah file Microsoft Excel Open XML Spreadsheet (XLSX) yang dibuat oleh Microsoft Excel. Kamu juga dapat membukanya di aplikadi spreadsheet lainnya, seperti Apple Numbers, Google Docs, dan OpenOffice.

File .xlsx tersimpan sebagai Zip terkompresi, yang berisi banyak file yang digunakan umtuk membuka dokumen.

Apa itu File XLSX?

File XLSX adalah file yang digunakan di Microsoft Excel, aplikasi spreadsheet menggunakan tabel untuk mengatur, menganalisis, dan menyimpan data. Setiap sel dapat berisi teks atau data numerik, termasuk juga menggabungkan rumus matematika.

Pertama kali diperkenalkan dengan Microsoft Office 2007 dalam standar Office Open XML. XLSX merupakan format default ketika membuat spreadsheet menggunakan Excel modern.

Microsoft memperkenalkan format terbuka ini karena meningkatnya persaingan dari Open Office dan Open Document Format (ODF). Format XLXS menggantikan format XLS eksklusif yang digunakan Excel sebelumnya.

Bagaimana Cara Membuka File XLSX?.

Karena file XLSX telah menjadi standar, Kamu dapat membukanya dalam banyak aplikasi di berbagai platform. Kam dapat mengunduh aplikasi open source pihak ketiga seperti Apache OpenOffice atau LibreOffice untuk membuka file XLSX.

Bagi pengguna Mac sudah ada aplikasi Apple Numbers untuk membukanya, jadi tinggal klik dua kali untuk membuka.

Jika Kamu menyimpannya secara cloud online, Kamu dapat mengelolanya dengan Excel Online atau Google Spreadsheet.

Di Google Chrome juga bisa, Kamu dapat mengunduh ekstensi Pengeditan Office untuk Dokumen, Spreadsheet & Slide (ekstensi resmi Google) untuk browser. Ini juga bisa digunakan untuk mengunggah file XLSX langsung dari hard drive lokal ke Google Drive Kamu dengan menyeret dan menjatuhkannya ke tab Chrome.

Sumber: https://www.howtogeek.com/392333/what-is-an-xlsx-file-and-how-do-i-open-one/

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus