Cara Mengganti Domain Blogspot ke Domain Sendiri

Blogger merupakan platform untuk membuat blog secara gratis dari Google — Di mana hosting (sebagai tempat menyimpan data) dan domain (sebagai alamat blog) disediakan gratis. Domain yang digunakan berada di bawah subdomain blogspot.com.

Akan tetapi jika Kamu ingin menggunakan domain milik sendiri, maka caranya ialah dengan Custom Domain.

Apa itu Custom Domain?

Custom Domain merupakan istilah untuk mengganti atau mengubah alamat domain bawaan ke domain yang ditentukan (milik sendiri). Jika Kamu fokus dalam mengelola blog, maka menggunakan domain milik sendiri lebih direkomendasikan.

Karena dengan Custom Domain dapat memperpendek alamat blog, serta akan terlihat lebih profesional. Apalagi jika Kamu ingin menggunakan blog sebagai Media Usaha Bisnis.

Bagaimana Cara Mendapatkan Domain Milik Sendiri!

Banyak situs yang bisa kamu gunakan untuk mencari dan membeli nama domain yang diinginkan. Di sini saya rekomendasikan untuk menggunakan situs exabytes dalam membeli domain. Serta, jika kamu lain kali ingin membeli hosting, exabytes juga merupakan layanan penyedia Hosting yang bagus.

Kenapa! karena exabytes menyediakan domain & hosting murah dan terpercaya. Cek situs resminya di exabytes.co.id.

Cara Custom Domain di Blogger (blogspot)

Awalnya Custom Domain di blogger hanya http saja (tanpa security keamanan). Kabar terbarunya, Google membuat layanan blogger menjadi lebih baik dengan menambahkan dukungan SSL atau HTTPS Security untuk Custom Domain. Karena sekarang HTTPS lebih diprioritaskan oleh search engine (Google, Bing, Yahoo, dll).

Contoh di sini saya menggunakan layanan domain dari Exabytes, untuk menghubungkan domain sendiri ke blogspot.

Pertama login ke situs layanan domain. Kemudian masuk ke setelan DNS Manager.

Setelah itu klik "Add New Zone". Masukkan domain milikmu. Biarkan IP dalam keadaan Default IP dan klik "Add Zone".

Klik gambar pensil untuk Edit Zone.

Di layanan exabytes untuk menghubungkan domain ke blogger harus menghapus record dns berikut.

  • domainmu.com. A 14400 103.82.240.100
  • www.domainmu.com CNAME 14400 domainmu.com

Setelah itu klik "Add Record", pada type pilih "CNAME" lalu akan muncul input untuk "RDATA".

Dalam penggunaan nama biasanya.
  1. Name => nama dari domain, jika kamu kosongkan maka secara otomatis akan di atur menjadi nama domain kamu. Contoh: jika di kosongkan maka secara otomatis akan menjadi domainmu.com dan jika memasukkan www maka akan menjadi www.domainmu.com.
  2. Type => tipe dari record yang digunakan.
  3. TTL => biarkan saja terisi secara default.
  4. RDATA => Bisa juga ditulis dengan "IP" atau "Hostname".

Sekarang masuk ke blogger untuk mengambil data CNAME. Pergi ke Setelan > Dasar > Publikasi, klik "+ Siapkan URL pihak ketiga untuk blog Anda". Di bagian bawahnya ada dua Data CNAME.

Selanjutnya masukkan nama domain kamu contohnya www.mankoin.blog, kebanyakan blog menggunakan www supaya terlihat profesional karena banyak situs yang menggunakannya.

Buka layanan domain dan masukkan CNAME baris pertama www pada 'Name'. Biarkan 'TTL' alam keadaan default. Masukkan ghs.google.com pada 'RDATA' dan klik "Add Record".

Buat CNAME lagi dengan klik "Add Record". Masukkan (copy - paste) CNAME kedua berupa token.

Setelah kedua CNAME berhasil di tambahkan, selanjutnya mengarahkan domain ke IP google. Klik "Add Record". Pada 'Name' dikosongkan, 'type' pilih "A", lalu 'TTL' biarkan default, dan RDATA masukkan IP berikut pertama.

  • 216.239.32.21
  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.38.21

"Add Record" lagi dengan 'Type' yang sama yaitu A menggunakan IP kedua, dan seterusnya hingga yang keempat. Jadi data record yang di tambahkan tadi berjumlah 6 (2 CNAME dan 4 IP). Sehingga akan seperti ini.

Selanjutnya setelah pengaturan DNS domain selesai jangan lupa klik "Save Changes".

Belum selesai sampai di sini kamu harus mengatur Nameserver, pergi ke setelan domain, Domain > MY Domains. Pada menu klik gambar kunci.

Setelah itu pergi ke menu Nameserver ubah pengaturan Default menjadi Custom. Masukkan Nameserver layanan masing-masing. Bagi Kamu pengguna Exabytes Nameserver-nya sebagai berikut.

Nameserver 1ns1.idcloudhosting.com
Nameserver 2ns2.idcloudhosting.com

Setelah itu klik "Change Nameserver".

Buka halaman setelan blogger tadi, jangan lupa untuk mencentang "Alihkan domainmu.com ke www.domainmu.com". Supaya ketika pengunjung membuka dengan alamat domainmu.com, server akan mengalihkannya ke www.domainmu.com.

Domain belum bisa langsung di buka, karena masih dalam proses DNS Propagation. Kemungkinan proses memakan waktu berpuluh menit, jika lama bisa beberapa jam.

Untuk mengaktifkan HTTPS di custom domain blogger, berada di bawah menu Alamat Blog. Pada "Ketersediaan HTTPS" pilih Ya. Dan halaman akan di muat ulang.

Pada "Pengalihan HTTPS" belum bisa di gunakan. Maka tunggu proses Propagation, butuh waktu beberapa menit. Setalah beberapa menit refresh halaman secara manual dan Pengalihan HTTPS bisa digunakan, pilih "Ya". Tujuannya supaya halaman yang dibuka dengan HTTP akan dialihkan ke HTTPS.

Sekian semoga ini dapat bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus