Makanan yang Membatu Anak Memiliki Otak Cerdas

Orang tua (utamanya ibu) pasti memberikan yang terbaik untuk anaknya, salah satunya pertumbuhan dan perkembangan otaknya. Pada masa-masa ini rangsangan untuk meningkatkan fungsi otak anak sangat diperlukan.

Dengan memberikan makanan yang mengandung vitamin tinggi dapat membantu anak tumbuh dengan cerdas. Bahan makanan yang dibeli ibu pun tidak boleh sembarangan, supaya pertumbuhan otak anak jadi lebih maksimal.

Banyak jenis makanan yang bergizi tinggi, akan tetapi ada beberapa makanan yang dipercaya sangat membantu pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

Berikut adalah 9 makanan yang dapat mengoptimalkan otak anak.

Sayuran Berwarna

Sayur-sayuran berwarna tentu memiliki kandungan gizi yang tinggi diantaranya; vitamin, karbohidrat, dan antioksidan. Gizi-gizi tersebut dapat mempertajam ingatan si anak, apa yang dilihat dan didengar dapat dengan mudah tersimpan dengan baik dalam memori otak.

Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki manfaat yang sangat baik untuk anak dan ini merupakan salah satu ikan paling dianjurkan untuk anak-anak. Kandungan vitamin A, D, K, dan E dapat meningkatkan daya nalar anak, serta dapat mempermudahkan konsentrasi.

Walaupun memiliki kandungan lemak yang tinggi, tapi lemak ini adalah lemak ang baik yang mudah dibakar oleh tubuh.

Susu

Protein, kalsium, kalium, dan vitamin D dalam susu itu bagus untuk tulang, saraf, otot tubuh, dan pertumbuhan otak anak. Dengan mengkonsumsi susu secara rutin setiap hari, tubuh anak akan lebih sehat, begitu juga dengan pertumbuhan otaknya.

Telur

Kuning telur memiliki kandungan protein sangat bagus untuk pertumbuhan otak anak. Selain itu, ada juga kandungan kolin yang bagus untuk menajamkan ingatan. Sebuah studi di Universitas Boston membuktikan bahwa seseorang yang rajin mengkonsumsi telur memiliki daya ingat yang lebih tinggi dari pada yang jarang mengkonsumsi telur.

Tidak hanya untuk anak-anak, bagi orang lansia pun telur juga bagus untuk menajamkan ingatan.

Alpukat

Orang yang sedang diet atau ingin mengecilkan perut buah alpukat sangat cocok di konsumsi, karena bagus untuk sumber energi. Dibalik itu, alpukat juga mengandung serat dan Vitamin E yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

Jika anak tidak mau makan nasi, maka alpukat dapat digunakan sebagai pengganti nasi atau alternatif sumber energi lain.

Gandum

Gandum memiliki kandungan Vitamin A, E, B6, saponin, kalsium, zat besi, dan mineral yang sangat bagus untuk meningkatkan kinerja otak anak. Gandum rendah akan lemak dan memiliki serat tinggi yang berguna menjaga kandungan glokosa yang berlebihan.

Pisang

Cara termudah untuk mendapatkan kandungan potasium ialah memakan pisang. Kandungan potasium ini dapat menenangkan pikiran, menjaga fungsi otakterutama dalam fungsi memori dan kegiatan belajar.

Daging Segar

Daging bisa menjadi peran besar untuk pertumbuhan otak dan tulang anak. Pilihlah daging yang masih segar (merah). Akan tetapi karena daging memiliki kadar kolesterol yang tinggi, maka berikan daging ke si kecil dengan cukup dan dibatasi.

Kacang-kacangan

Tahukah kamu! kandungan protein terdapat pada kacang-kacangan, dan ini bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir, membuat daya ingat menjadi lebih tajam.

Pilih Makanan dengan Gizi Seimbang

Setiap orang tua pasti ingin anaknya tumbuh dan berkembang dengan baik. Maka untuk itu makanan merupakan hal pertama yang harus diperhatikan. Sebagai orang tua harus pandai dalam memilih, pertimbangkanlah kadar gizi dari setiap makanan yang diberikan untuk anak.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus