Mengatasi Masalah Browsing dengan Reload Cache DNS pada Windows

Pernahkah Kamu mengalami error DNS ketika browsing membuka situs web, tetapi komputer lain dengan jaringan yang sama bisa untuk mengakses internet. Kemungkinan perlu menghapus cache DNS komputer untuk mengatasinya.

Perbaikan ini mungkin diperlukan setelah Kamu mengubah server DNS. Karena untuk memastikan komputer meminta server DNS untuk alamat IP situs web daripada menggunakan alamat yang sudah di-cache.

Hapus Cache DNS

Buka jendela Command Prompt sebagai Administrator. Caranya, buka Start menu, ketik "Command Prompt" atau "CMD" ke dalam kotak pencarian. Klik kanan Command Prompt di hasil, dan kemudian pilih perintah "Run as Administrator".

Pada prompt, ketik perintah berikut, dan kemudian tekan Enter:

ipconfig /flushdns

Perintah ini berfungsi pada semua versi Windows, termasuk Windows 10, 8, 7, Vista, dan XP.

Menjalankan perintah ini biasanya belum tentu memperbaiki masalah error. Beberapa aplikasi mungkin memiliki cache DNS tersendiri. Misalnya, Firefox memiliki cache DNS internal sendiri, jadi mungkin bisa menutup dan membukanya lagi atau menghapus pengaturan browser — untuk mengatasi masalah di Firefox.

Mulai ulang Layanan DNS

Di versi Windows lama, Kamu mungkin ingin mencoba me-restart DNS Client system service (yang menangani caching DNS). Tapi ini tidak berlaku (not valid) pada Windows 10 dan 8. Namun, dapat dilakukan di Windows 7, Vista, dan XP.

Jika Kamu menggunakan versi Windows lama, Kamu dapat melakukannya langsung dari jendela Command Prompt. Cukup jalankan perintah berikut secara bergantian:

net stop dnscache
net start dnscache

Jika Kamu mengalami masalah dan perlu me-restart layanan DNS ini di Windows 10, maka cukup menrestart komputer dan layanan DNS Client dan setiap perangkat lunak lainnya di komputer akan dimulai kembali.

Sumber: https://www.howtogeek.com/343349/update-troubleshoot-browsing-issues-by-reloading-the-dns-client-cache-on-windows/

Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Disqus